SMP Negeri 2 Pengasih Rayakan Idul Adha dengan Berqurban

Senin, 19 Agustus 2019 16:09:31 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Berkenaan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha atau yang disebut dengan Hari Raya Haji, segenap warga SMP Negeri 2 Pengasih tidak ketinggalan merayakan hari umat Islam tersebut. Hari Raya Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan qurban. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan warga sekolah pada Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban adalah dengan mengadakan kegiatan Sholat Idul Adha yang diselenggarakan di sekitar wilayah SMP Negeri 2 Pengasih yang bekerja sama dengan “Masjid Namiroh” yaitu di Lapangan Desa Kedungsari, dengan tujuan untuk memantau para siswa dalam menjalankan sholat Idul Adha yang didampingi guru Pendidikan Agama Nanik Mursidah, S.Ag., Waka kesiswaan Budiman, S.Pd. serta bapak ibu yang dekat dengan domisili SMP Negeri 2 Pengasih.

Penyembelihan qurban berupa satu ekor sapi dimaknakan sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT, hewan qurban diperoleh dari iuran siswa yang beragama Islam dengan tujuan sebagai bekal latihan bagi para siswa. Pelaksanaan penyembelihan dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Agustus 2019. Kegiatan penyembelihan dilaksanakan di dekat Musholla SMP Negeri 2 Pengasih yang disaksikan oleh seluruh siswa guru dan karyawan mulai pukul 07.30.

Setelah selesai penyembelihan qurban, sebagian daging diberikan kepada warga sekitar sekolah sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan yang berhak menerima daging qurban. Sebagian daging qurban dibagikan kepada para siswa untuk dimasak bersama-sama, hasil masakan para siswa dinilai oleh tim yuri yang berasal dari bapak ibu guru yang berkompenten. Kegiatan penyembelihan, pembagian qurban dan acara masak-masak berakhir pada pukul 14.30 WIB dengan acara bersih-bersih kelas dan lingkungan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook