Peringati Hari Pramuka, SMP Negeri 2 Pengasih Kenalkan Lingkungan Alam Sekitar

Senin, 19 Agustus 2019 16:11:01 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Rabu, 14 Agustus 2019 segenap anggota Gerakan Pramuka seluruh Indonesia bersukaria karena organisasi ini genap berusia 58 tahun, Peringatan Hari Pramuka merupakan wujud syukur kita  terhadap Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat, berkah dan rahmat-Nya organisasi Gerakan Pramuka tetap eksis. Hari Pramuka pada tahun ini mengusung tema tentang “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Sebagai petugas pembina upacara Suprapdi, S.Pd., karena pada hari yang sama Kepala Sekolah Margiyanto, S. Pd. selaku Kamabigus tidak bisa ikut serta dalam kegiatan peringatan upacara hari Pramuka di Sekolah yang menghadiri undangan dan sekaligus Kwaran Pengasih sebagai tuan rumah penyelenggara Apel Besar Hari Pramuka Kabupaten Kulon Progo yang di pusatkan di Taman Budaya Kulon Progo. 

Serangkaian acara kegiatan peringatan Hari Pramuka gudep SMP Negeri 2 Pengasih berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, karena tahun ini setelah pelaksanaan seremonial upacara, para siswa selaku penggalang melaksanakan kegiatan kerja bakti di sekolah, dilanjutkan dengan acara hacking ke Goa Kebon kurang lebih 2,5 km dalam jarak tempuh sekitar 1 jam sebagai wujud pengamalan Dasa Darma Pramuka yang kedua “Cinta alam dan kasih saying sesama manusia”, yang dikuti seluruh penggalang kelas 7, 8 dan 9 dengan didamping seluruh guru dan karyawan selaku pembina Pramuka. Dipilih tempat tujuan Goa Kebon karena disamping jarak tidak terlalu jauh terjangkau dengan jalan kaki dan untuk memperkenalakan kepada para siswa tentang Wisata Goa Kebon dan sekaligus sebagai Bumi perkemahan.

Goa Kebon beralamat di wilayah Krembangan, Panjatan, Kulon Progo dan disebut Goa Kebon karena terdapat Goa yang diatasnya mengalir pancuran yang jatuh didepan Goa dan semacam danau kecil untuk mandi para wisatawan, tempatnya sejuk, indah terdapat taman bermain warung makan. Masuk tempat tersebut cukup memberikan infak. Menurut penduduk setempat Goa Kebon ramai dikunjungi pada hari libur, hari minggu, disamping tempatnya strategis pinggir jalan raya sekitar 100 meter. Kegiatan berakhir pada pulul 11.30 untuk menuju sekolah SMP Negeri 2 Pengasih.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook