Tumbuhkan Jiwa Gotong Royong, SMP Negeri 3 Samigaluh Bantu Bedah Rumah

Senin, 9 September 2019 21:46:19 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Minggu (8/9) Keluarga besar SMP Negeri 3 Samigaluh melaksanakan bedah rumah di rumah Bapak Suradi, Dusun Sendangmulyo RT 32/RW 16, Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh. Kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan tenaga kependidikan beserta para peserta didik yang lokasinya berdekatan dengan rumah yang mendapatkan bedah rumah. Kurang lebih pukul 07.00 pagi sampailah di lokasi dan langsung melaksanakan kegiatan gotong-royong dengan ranting membawa batako. Para peserta didik sangat antusias atau bersemangat dalam melaksanakan bedah rumah ini. Para para warga masyarakat bersatu-padu, bahu-membahu untuk saling kerja sama, mengingatkan kita akan peribahasa berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Atau dalam bahasa Jawa saiyeg saeka praya.

Kegiatan ini sungguh membanggakan karena semakin memantapkan akan pentingnya mengimplementasikan lima pilar karakter utama yaitu: mandiri, kerja sama/gotong-royong, religius, integritas, dan nasionalisme. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat dihadiri oleh H. Jumanto, S.H., Asekda Bidang Pemerintahan dan Kesra beserta para unsur pejabat dari berbagai lintas sektoral, Camat Samigaluh beserta jajarannya, Kepala Desa Purwoharjo beserta jajarannya dan seluruh masyarakat dari berbagai elemen.

“Warga masyarakat Samigaluh sangat kompak dan bersatu dalam kegiatan bedah rumah ini, sungguh suasana yang membanggakan,” ujar H. Jumanto, S.H.”, Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa semangat kekeluargaan, kebersamaan, kegotong-royongan ini harus selalu dipupuk dan dikembangkan agar bisa diteladani oleh generasi penerus bangsa ini. Donatur dari kegiatan bedah rumah ini berasal dari Paguyuban Pegawai Kristiani Kabupaten Kulon Progo. Keluarga besar SMP Negeri 3 Samigaluh juga memberikan sedikit tali asih kepada keluarga yang mendapatkan bedah rumah tersebut. Kurang lebih pukul 10.00, aktivitas kami untuk bergotong-royong selesai dan kegiatan bedah rumah dilanjutkan oleh warga masyarakat sekitar.  Selanjutnya rombongan  pejabat dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melanjutkan kegiatan bedah rumah di Dusun Boro, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook