Program PKP Berbasis Zonasi Hadir di Kulon Progo

Senin, 30 September 2019 09:52:34 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Bagi Guru

Sabtu, 28/9/2019. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan peningkatan mutu pendidikan melalui  program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) bagi guru  dengan berbasis zonasi pada bulan September sampai  dengan bulan Nopember 2019.

Kepala Dinas Dikpora, Drs.Sumarsana M.Si. dalam sambutan pembukaan di SMP N 1 Wates, memberikan motivasi  dan inspirasi kepada Guru Inti (GI) yang sebelumnya sudah mengikuti pembekalan Guru Inti agar tetap semangat  menularkan ilmu yang diperolehnya kepada Guru Sasaran dalam rangka memperbaiki Proses Pembelajaran di kelas dimana para Guru melaksanakan tugasnya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta mencerdaskan anak bangsa. Selain kepada Guru Inti, Drs. Sumarsana M.Si juga memberikan dukungan dan semangat kepada Guru Sasaran agar mengikuti kegiatan dengan penuh tanggungjawab.

Pada kesempatan ini,  Dra. RR. Rohyatun Budi Respati selaku Kabid. Pembinaan ketenagaan, selaku penanggung jawab kegiatan  menjelaskan, bahwa PKP merupakan bagian dari PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan),  yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher order Thinking Skills/HOTS).

Adapun pelatihan PKP didesain selama lima minggu dimulai sabtu, 28 September untuk jenjang TK dan SMP dan jenjang SD mulai 5 Oktober 2019   dengan menggunakan moda In service learning (In) dan On the job learning (On) dengan pola 5 kali In dihari Sabtu  dan  on dilakukan di sekolah masing-masing peserta selama hari kerja atau setara dengan 10 JP (asumsi 2 jp perhari),Total jam pelajaran (JP) yang ditempuh oleh peserta pelatihan adalah sebanyak 82 JP. Selama pelatihan peserta akan mempelajari Metode Pembelajaran dan diakhir akan melakukan post test secara online. Adapun jumlah Guru Sasaran PKP sebanyak 720 orang, terdiri dari jenjang TK 140 guru, Jenjang SD 440 guru  dan SMP 140 guru(dengan rincian maple bahasa Indonesia 20, bahasa inggris 20 matematika 40 serta IPS 60)  dimana masing–masing terbagi dalam rombongan belajar  sebanyak 36 kelas yang tersebar dalam pusat belajar yang sudah ditentukan adapun anggaran PKP yang dilaksanakan berasal dari dana bantuan pemerintah (banpem).

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook