Diklat PKB Jenjang SD di Samigaluh Mewujudkan Guru Luar Biasa

Senin, 30 September 2019 09:58:51 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Kompetensi Guru professional menjadi idaman dalam dunia pendidikan,karena dampaknya sangat memberi kontribusi positif bagi pengembangan karier maupun kemajuan pendidikan di satuan pendidikan. Realitas yang ada kompetensi guru belum sesuai dengan kondisi ideal. Masih harus digali dan dikembangkan melalui pengembangan diri agar mempunyai skill untuk menuju guru professional.Menjembatani hal tersebut Panitia Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) YANG dimotori forum K3S Kecamatan Samigaluh mengadakan kegiatan Diklat dalam rangka peningkatan profesi guru melalui kegiatan publikasi Ilmiah salah satunya pembuatan Best Practice dan peningkatan skill pembuatan RPP berdasarkan kecakapan abad XXI disertai penyusunan soal HOTS. Harapan dari kegiatan tersebut dapat membawa perubahan besar dalam pembelajaran terutama dalam mendesain strategi mengajar yang lebih baik serta melatih daya imajinatif siswa untuk berpikir kritis dan logis.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pada hari Sabtu,28 September  dan berakhir pada hari Rabu, 9 Oktober 2019, bertempat di eks UPTD  Kecamatan Samigaluh. Diklat dilaksanakan dengan dengan pola IN 1, In 2,IN 3, ON dan IN 4. dan telah memperoleh izin Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Bapak Drs. Sumarsana,M.Si. . Diklat PKB diikuti 180 peserta terdiri dari guru dan kepala sekolah, Narasumber disampaikan oleh kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Sekdin, Kabid SD, Kabid Pembinaan Ketenagakerjaan,Kasubag Perencanaan serta pengawas SD di lingkungan Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan diklat PKB ini bertujuan agar guru dan kepala sekolah mempunyai kompetensi :

1.    Mempunyai visi dan misi yang sama dalam mendukung program kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Kulon Progo.

2.    Mempunyai konsep perihal publikasi ilmiah, salah satunya terampil membuat Best Practice dalam usaha peningkatan karier.

3.    Mempunyai keterampilan membuat soal HOTS serta perangkat RPP berdasarkan kecakapan abad XXI.

Manfaat yang diperoleh :

1.    Pengembangan diri yang diperoleh dapat dipergunakan untuk membuat karya tulis ilmiah yang dipergunakan sebagai usul PAK.

2.    Mampu menerapkan pemilihan strategi mengajar yang lebih baik terutama melatih siswa untuk berpikir kritis dan logis dalam memecahkan masalah.

3.    Mempunyai landasan yang kuat untuk berdedikasi secara totalitas terhadap tugas keprofesiaannya

 

Kegiatan tersebut diikuti peserta dengan penuh antusias. Mengutip pendapat  William Arthur Ward, penulis dari Amerika Serikat beliau mengatakan,” Guru yang biasa-biasa saja hanya memberitahu,Guru yang baik memberikan penjelasan, Guru yang unggul menunjukkan, Guru yang luar biasa itu mengillhami”. Dengan demikian peserta diklat PKB yang diikuti guru dan kepala sekolah kecamatan Samigaluh dalam Diklat PKB  selalu berproses dan ingin menjadi ”Guru yang luar biasa”.

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook