SMP Negeri 1 Nanggulan Tumbuhkan Sikap Peduli Sesama melalui Gotong Royong Bedah Rumah

Kamis, 3 Oktober 2019 00:39:11 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Minggu (29/9) SMP Negeri 1 Nanggulan kembali berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong bedah rumah. Sebelumnya kegiatan serupa juga diikuti oleh SMP Negeri 1 Nanggulan pada Minggu (1/9) yang berlokasi di Dusun Ngangin-angin, Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo.

Kegiatan gotong royong bedah rumah kali ini dengan sasaran rumah Ibu Dalimah yang beralamat di Dusun Soronanggan, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo. Disampaikan oleh Asek I Kulon Progo, Jumanto, S.H., keluarga Ibu Dalimah menjadi target program bedah rumah karena beliau adalah seorang janda dan sudah berusia lanjut.

Seperti halnya pada pelaksanaan kegiatan gotong royong bedah rumah pada periode sebelumnya, pada kegiatan bedah rumah ini pun SMP Negeri 1 Nanggulan berpartisipasi dalam memberikan sumbangan materiil maupun tenaga bantuan dalam penyelesaian pekerjaan yang dapat dikerjakan secara massal.

Adapun bantuan materiil yang disumbangkan oleh SMP Negeri 1 Nanggulan secara keseluruhan berjumlah kurang lebih Rp1.650.000,00 yang diwujudkan dalam bentuk uang dengan nominal sebesar Rp1.500.000,00 dan sisanya diwujudkan dalam bentuk bahan sembako.

Penyerahan kedua jenis bantuan tersebut dilakukan oleh Kepala SMP Negeri 1 Nanggulan, Dra. Erni Etik Suyanti, M.Pd. kepada Ibu Dalimah selaku keluarga penerima program bedah rumah. Hadir sebagai pemberi bantuan dari Baznas Kabupaten Kulon Progo, PT Selo Adikarta, penyerahan IMB dari Kecamatan Nanggulan, serta dari warga masyarakat yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Bantuan tenaga juga ditunjukkan oleh siswa-siswi peserta kegiatan bedah rumah, juga oleh Bapak/Ibu pembina dengan kebersamaan mengangkut genteng rumah yang akan dibedah. Seluruh siswa, baik putra maupun putri, secara gotong royong dan tanpa mengeluh berjajar membentuk barisan untuk mengangkut genteng secara berantai. Meskipun jenis bahan bangunan tersebut terasa sedikit berat dan berdebu, namun para siswa tak kalah semangat dengan para relawan lain, baik yang berasal dari TNI, Polri, Dinas terkait, Perangkat Desa, maupun warga. Berkat kerjasama dan uluran tangan bersama akhirnya pekerjaan menurunkan dan mengangkut genteng dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat waktu.

Seselesai pekerjaan menurunkan dan mengangkut genteng, acara dilanjutkan dengan ceremonial penyampaian bantuan bedah rumah. Mengawali kegiatan penyampaian bantuan, Bapak Jamal, Kepala Dusun Soronanggan menyampaikan bahwa keluarga Ibu Dalimah menerima bantuan bedah rumah setelah sebelumnya pada 6 September 2019, Kepala Dusun mengajukan permohonan kepada Baznas Kulon Progo.

Selanjutnya dalam sambutan pelaksanaan kegiatan bedah rumah, Jumanto, S.H. berterima kasih atas kehadiran para siswa SMP Negeri 1 Nanggulan dalam kegiatan bedah rumah. Harapannya, para siswa dapat mengetahui kondisi nyata warga penerima bantuan, dapat merasakan bentuk kegiatan gotong royong, dan ke depan diharapkan memiliki kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan bantuan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook