Promosikan Membatik, Bela Beli Kulon Progo, Bela Beli Indonesia

Jum`at, 4 Oktober 2019 03:22:40 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Bangsa Indonesia sudah seharusnya merasa bangga atas peninggalan nenek moyang yang adiluhung dengan produk Batik. Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik Nasional didasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan,dan kebudayaan, yang secara resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Masterpieces of the oral and Intangible Heritage of Humanity) Pengakuan UNESCO tentang batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Batik dapat meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di Forum Internasional serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia.

Sehubungan dengan hari Batik Nasional, SD Negeri 1 Balong yang beralamatkan di Balong V, Banjarsari, Samigaluh, Kulon Progo pada hari Kamis, 3 Oktober 2019  mengadakan kegiatan salah satunya mempromosikan batik dengan cara belajar membatik. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada ekstrakurikuler PPK Kemataraman yang dimotori oleh Ibu Murtini, S.Pd. serta didukung oleh dewan guru. Tema membatik dengan mengambil pola Gebleg Renteng sebagai langkah mengenalkan batik ciri khas Kulon Progo agar mendunia sekaligus mendukung program Bela Beli Kulon Progo.

Secara sederhana proses membatik ada 5 tahap yaitu:  (1) Pembuatan gambar motif (2) Pemberian malam dengan alat canting (3) Pemberian warna batik tulis (4) Proses pencelupan (5) Pelunturan Malam. Berdasarkan pengamatan nilai yang diperoleh dalam belajar membatik adalah sikap sabar, telaten, konsentrasi tinggi tanpa nilai-nilai tersebut tidak akan menghasikan karya seni yang tinggi. Jika dihubungkan dengan nilai karakter nilai yang diperoleh adalah kerja keras, kreatif,  mandiri serta menghargai prestasi. SD Negeri 1 Balong yang berada di lereng gunung Kucir melalui kegiatan membatik ingin mendidik siswa dalam menumbuhkan sikap pantang menyerah, kerja keras dan menumbuhkan jiwa wirausaha agar kelak mereka mampu mengubah pedukuhan Balong V menjadi “Gemah Ripah Lohjinawi Kertaraharja”.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook