Tingkatkan Kinerja Inspektorat, Tujuh Pejabat Eselon IV Dilantik

Senin, 14 Januari 2013 13:59:53 - Oleh : Kemdikbud

Pawai HUT RI ke-69

Peringkat SD/MI Berdasar Nilai US/M Tingkat Kabupaten & Kecamatan Tahun 2014

Peringkat SMP/MTS Kulon Progo Berdasar Nilai UN 2013/2014

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2014/2015

 

Jakarta --- Sebanyak tujuh pejabat Eselon IV di lingkungan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dilantik hari ini, Kamis (10/1). Mereka adalah Gunung Panjaitan sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat II, Rita Permatasari sebagai Kepala Subbagian Analisis dan Evaluasi Laporan Pengawasan A Pada Bagian Pengolahan Laporan Pengawasan Sekretariat Itjen, Suwardi sebagai Kepala Sub bagian Tata Usaha Inspektorat II.

Pada lingkungan Subbagian Hukum dan Tata Laksana pada Bagian Hukum dan Kepegawaian Sekretariat Itjen, terdapat Agam Bayu Suryanto yang menduduki Kepala Subbagian tersebut. Eddy Iskandar menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran pada Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Itjen, Yeflinab menjabat sebagai Kepala Subbagian Analisis dan Evaluasi Laporan Pengawasan B pada Bagian Pengolahan Laporan Pengawasan Sekretariat Itjen, dan Nunuk Rusdiana sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Inspektorat IV.

Pada waktu memberikan sambutan, Inspektur Jenderal Kemdikbud, Haryono menyampaikan afirmasinya terhadap ketujuh pejabat tersebut untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik. "Selamat kepada saudara yang dilantik, diharapkan dapat melihat amanah, dan tanggung jawab yang besar di balik jabatan itu," ujarnya. Irjen yang juga pernah bekerja sebagai salah satu Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi selama empat tahun itu menghimbau semua pihak terkait untuk membantu kelancaran tugas para pejabat tersebut. "Kita semua perlu mendukung para pejabat yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik," imbuhnya.

Pada kita semua sudah menyaksikan adanya suatu pelantikan para pejabat baru eselon 4 di lingkungan Itjen Kemdikbud. Kemudian, kepada para saudara2 yang baru saja dilantiki, ini adalah amanah yang besar tolong diliat amanah tersebut, di balik amanah ada tanggung jawab yang besar, jadi tolong dijaga kepercayaan terhadap jabatan tersebut karena kepercayaan itu sangat mahal harganya. Itu saja mudah-mudahan semuanya bisa melaksanakan dan saya ucapkan kabarkan kabar gembira ini kepada saudara dan keluarga. Mudah-mudahan bisa bekerja dengan sebaik-baiknya.

Inspektorat Jenderal merupakan salah satu unit utama Kemdikbud yang memiliki visi mewujudkan pengawasan yang berkualitas terhadap layanan pendidikan. Terdapat enam misi yang diemban, yaitu (1) melaksanakan tata kelola yang handal dalam layanan pengawasan pendidikan, (2) meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan yang berorientasi akuntabilitas, (3) menguatkan integritas dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan bagi pengawasan dan layanan pendidikan, (4) mendorong terwujudnya pengawasan internal yang profesional dalam setiap unit layanan pendidikan, (5) mengawal terjaminnya laporan keuangan dan laporan akuntabilitas kerja instansi pemerintah berkualitas, (6) melakukan pelembagaan koordinasi fungsi pengawasan lintas dan multi instansi.

Mengusung tugas melakukan pengawasan fungsional, Itjen membagi empat kegiatan pengawasan. Pertama, pemeriksaan khusus yaitu pemeriksaan terhadap kasus tertentu atas pengaduan masyarakat media massa, dan permintaan pimpinan unit kerja. Kedua, inspeksi mendadak yaitu pemeriksaan secara langsung untuk melihat kesiapsiagaan unit kerja oleh unsur pimpinan Itjen Kemdikbud. Ketiga, pemantauan tematik yaitu pemantauan dan pengendalian terhadap program-program pendidikan yang menjadi isu nasional yang strategis. Keempat, pengawasan dini yaitu pemeriksaan terhadap program dan kegiatan pendidikan yang akan ada atau sedang berjalan. (GG)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak