Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat Bencana

Selasa, 8 November 2016 22:09:08 - Oleh : DINAS PENDIDIKAN

 

PROSEDUR EVAKUASI KEADAAN DARURAT BENCANA GEMPA BUMI

Gempa bumi merupakan peristiwa pelepasan energi yang menyebabkan dislokasi (pergeseran) pada bagian dalam bumi secara tiba-tiba.
       
Penyebab Terjadinya Gempa Bumi
1.
Proses tektonik akibat pergerakan kulit/lempeng bumi
2.
Aktivitas sesar di permukaan bumi
3.
Pergerakan geomorfologi secara lokal, contohnya terjadi runtuhan tanah
4.
Aktivitas gunung api
5.
Ledakan nuklir
       
Mekanisme perusakan terjadi karena energi getaran gempa dirambatkan ke seluruh bagian bumi. Di permukaan bumi, getaran tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan runtuhnya bangunan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa. Getaran gempa juga dapat memicu terjadinya tanah longsor, runtuhan batuan, dan kerusakan tanah lainnya yang merusak permukiman penduduk. Gempa bumi juga menyebabkan bencana ikutan berupa kebakaran, kecelakaan industri dan transportasi serta banjir akibat runtuhnya bendungan maupun tanggul penahan lainnya.
       
Gejala dan Peringatan Dini
  Kejadian mendadak/secara tiba-tiba    
Tips Penanganan Jika Terjadi Gempa Bumi 
Jika gempa bumi menguncang secara tiba-tiba, berikut petunjuk yang dapat dijadikan pegangan di manapun anda berada.
 
_
Di dalam rumah 
Getaran akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. Masuklah ke bawah meja yang kokoh untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. Jika anda tidak memiliki meja, lindungi kepala anda dengan bantal.
Jika anda sedang menyalakan kompor, maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran
 
_
Di kantor
Berlindunglah di bawah meja. Lindungi kepala, leher dan mata. Hindari pembatas kaca, jendela, lemari dan barang-barang yang belum diamankan.
Jaga posisi hingga guncangan berhenti.
 
_
Di sekolah
Berlindunglah di bawah kolong meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, jangan panik, jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh ke pintu, carilah tempat lapang, jangan berdiri dekat gedung, tiang dan pohon.
.
Sumber : Panduan Pengenalan Karakteristik Bencana Dan Upaya Mitigasinya di Indonesia, Set BAKORNAS PBP dan Gempa bumi dan Tsunami, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, UN DSS dan www.bnpb.go.id
.

 Kembali |  Kirim |  Cetak

 Komentar Via Facebook