Prioritas Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK dan SD

Rabu, 21 Juni 2017 19:16:54 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 


PRIORITAS PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TK DAN SD

 

Menindaklanjuti Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Nomor 110 Tahun 2017 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada TK, SD dan SMP Tahun Pelajaran 2017/2018 dan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien, maka dengan ini Kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1.    Pada TK dan SD Negeri dapat memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru dengan syarat: “bertempat tinggal pada 1 (satu) pedukuhan yang sama dengan TK atau SD Negeri yang dituju”, dibuktikan dengan:

a.    Kartu Keluarga yang diterbitkan 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB, atau;

b.    Surat Keterangan Domisili atau sejenisnya dari Kepala Desa/Lurah setempat yang menyatakan telah tinggal minimal 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB, dan dilampiri dengan Surat Pernyataan Orang Tua/Wali yang bermaterai cukup, dan diketahui oleh Ketua RT di kelurahan atau Kepala Dusun di desa setempat, bahwa benar-benar telah tinggal di alamat tersebut minimal 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB.

2.    Pada SD Negeri, calon peserta didik yang dimaksud pada Nomor 1 adalah berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 7 (tujuh) tahun terhitung pada tanggal 1 Juli 2017.

3.    Dalam hal seleksi PPDB pada TK dan SD Negeri, urutan prioritas sesuai dengan daya tampung yang tertuang dalam Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Nomor 110 Tahun 2017 (pada Lampiran 1, huruf F) antara lain menjadi:

a.    Prioritas pertama: Calon peserta didik yang memiliki kriteria pada Nomor 1 dan 2 Surat Edaran ini, dengan memprioritaskan:

1)    Usia yang lebih tua

2)    Jarak tempat tinggal ke sekolah yang lebih dekat

3)    Waktu pendaftaran yang lebih dahulu

b.    Prioritas kedua: Calon peserta didik yang bertempat tinggal tidak dalam 1 (satu) pedukuhan yang sama dengan TK atau SD Negeri yang dituju, dengan memprioritaskan:

1)    Usia yang lebih tua

2)    Jarak tempat tinggal ke sekolah yang lebih dekat

3)    Waktu pendaftaran yang lebih dahulu

4.    Surat Edaran ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan melengkapi atas Peraturan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Nomor 110 Tahun 2017 di atas.

Surat Resmi dapat didownload klik disini

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook