Implementasi Nilai Karakter “Gotong Royong” pada Siswa SD Muhammadiyah Penggung

Senin, 14 Agustus 2017 10:17:59 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

Implementasi Nilai Karakter “Gotong Royong” pada Siswa SD Muhammadiyah Penggung Kecamatan Kokap

 

Pendidikan tidak sebatas ruang kelas. Pada dasarnya manusia lahir di masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat sepanjang hidupnya. Oleh sebab itu, selain akademik, Pendidikan juga mengarah kepada penguatan kecerdasan emosional, sosial, dan spiritual. Mengingat pentingnya aspek sosial sebagai bekal hidup di tengah masyarakat, sejumlah siswa beserta guru SD Muhammadiyah Penggung melakukan kunjungan ke rumah Ibu Murdiningsih, warga dusun Anjir, RT 90/ RW 26 pada Kamis, 10 Agustus 2017.

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan implementasi nilai karakter “gotong royong” pada siswa melalui kegiatan membantu pembuatan lantai salah satu warga, sebagai bagian dari Program Lantainisasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo. Siswa bersama-sama dengan warga setempat saling membantu, bahu membahu mengangkut batu dan sebagian siswa lainnya membantu membersihkan lingkungan sekitar rumah Ibu Murdiningsih yang masih berlantaikan tanah dan berdinding anyaman bambu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Syaifudin selaku Kepala Dusun Anjir dan Ketua RT, Bapak Wahana Sujud, Tenaga Pendidik dan siswa SD Muhammadiyah Penggung serta warga sekitar. Siswa berjalan kaki dari sekolah menuju lokasi yang jaraknya sekitar 300 meter dengan medan naik turun. Meski demikian, tidak menjadi alasan bagi semangat siswa SD Muhammadiyah nggung untuk surut. Mereka bahkan sangat antusias dan bahagia bisa melakukan kegiatan untuk Pemembantu orang lain yang membutuhkan.

Keluarga Ibu Murdiningsih menyambut baik kehadiran siswa SD Muhammadiyah Penggung dan sepenuhnya mendukung kegiatan gotong royong di rumah-rumah warga sekitar sekolah. Selain dirasa meringankan beban warga dalam menyelesaikan pekerjaan membuat lantai, kegiatan ini akan melatih siswa bersosialisasi dengan masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama, serta menambah wawasan siswa pada hal-hal baru yang ditemui selama kegiatan.

Program-program yang menjangkau semua kalangan seperti ini diharapkan bisa terus dilaksanakan. Semoga dengan adanya kegiatan yang melibatkan masyarakat dan siswa secara langsung, dapat memberikan perubahan positif, baik pada sistem pengajaran di sekolah maupun pada sikap siswa dalam bersosial dengan masyarakat.

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook