Semangat Pramuka di Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo

Senin, 14 Agustus 2017 11:17:22 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

Semangat Pramuka di Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo

 

Pagi ini, hari Senin, tanggal 14 Agustus 2017, bertepatan dengan Peringatan HUT Pramuka ke-56, seluruh jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo melaksanakan upacara/apel bersama yang dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Pengawas, Penilik, Pamong, serta seluruh staf dengan menggunakan seragam pramuka, sebagai komitmen Dinas sesuai Surat Nomor 421/2452 tanggal 8 Agustus 2017, bahwa dengan maksud menjadi teladan bagi peserta didik dan satuan pendidikan.

Yang bertugas sebagai Pembina upacara/apel pada kali ini adalah Kepala Dinas, Drs. Sumarsana, M.Si. dan dalam pengarahannya membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional, yang ringkasannya sebagai berikut:

Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku. Gerakan kepanduan sebagai cikal bakal gerakan pramuka telah ada di bumi pertiwi sejak masa penjajahan belanda tepatnya pada tahun 1912 dengan nama kelompok baik berdasarkan nama etnik maupun keagamaan, jadi sudah 105 tahun eksistensinya di Indonesia. Namun yang penting dipahami bahwa filosofi dan nilai- nilai kepramukaan digali dari bangsa dan kebudayaan Indonesia, yang bersamaan waktunya dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang dirintis oleh Sir Baden Powell di Inggris. Setelah para pandu indonesia yang merintis sumpah pemuda tahun 1928 dan mendorong proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, dan kemudian berkembang menjadi banyak organisasi kepanduan.

Presiden Soekarno melihat potensi dan militansi kepanduan yang perlu dipupuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semangat persatuan dan kesatuan, Bung Karno menyatukan organisasi-organisasi kepanduan itu menjadi Gerakan Pramuka dengan diterbitkannya keputusan presiden nomor 238 tahun 1961. Gerakan Pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa. Presiden Soekarno telah menyerahkan panji gerakan pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 yang berpesan bahwa gerakan pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia. Pesan Bung Karno ketika itu “berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita. sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik mahasiswa yang di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan “Aku Pramuka Indonesia”.

Secara detil terlampir Sambutan tersebut (klik disini).

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook