Berkebun di Sekolah dalam memperingati HUT Pramuka ke-56 Tahun 2017

Selasa, 15 Agustus 2017 13:04:43 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

Berkebun di Sekolah dalam memperingati

HUT Pramuka ke-56 Tahun 2017

 

Peringatan Hari Pramuka Tanggal 14 Agustus 2017 di SMP  Negeri 1 Galur dilaksanakan dengan tiga acara. Acara yang pertama : dengan melaksanakan Upacara Bendera di mulai tepat pukul. 07.00 wib peserta terdiri dari siswa kelas VII, Kelas VIII, Kelas IX dan Guru Karyawan. Semua Peserta menggunakan seragam Pramuka Lengkap. Inspektur Upacara Bpk. Drs. Edy Suwarno, M. Pd. Kepala SMP Negeri 1 Galur. Dengan dibacakannya pidato sambutan Peringatan Hari Pramuka dari ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.  

Acara yang kedua, diisi dengan Kerja bakti lingkungan dengan membersihkan ruangan kelas masing-masing , kamar mandi dan membersihkan linkungan sekitar.

Acara yang ketiga : adalah berkebun Merawat serta menyirami tanaman sayuran seperti :  Cabe, Tomat, loncang dan Kemangi di Media Polybag. Acara penanaman sayuran menggunakan media polybag ini sudah dimulai sejak awal tahun pelajaran 2017/2018 melalui kegiatan pramuka Blok selama tiga hari, dimana tiap-tiap regu diwajibkan untuk berkebun dengan media polybag. Kegiatan berkebun ini di pandu oleh kakak Pembina dari sekolah yaitu Ibu Sri Subekti, S. Pd. M.Pd, Bpk Drs. Suprapdi, Ibu Dra Sukarsih. Beliau menjelaskan serta mengajari Teknik berkebun sayuran seperti : Menanam cabe, tomat, seledri, terong dengan menggunakan media Polyback yang sedang trend saat ini, adalah salah solusi bagi kita yang hoby berkebun tapi hanya mempunyai lahan yang  sempit. Cara terbaik adalaah dengan menggunakan media polybag sebagai media tanaman kita, Bertanam pada media polybag adalah bercocok tanam dengan menggunakan media tanah yang dimasukan dalam kantong polybag. Teknik bertanam polybag ini cukup trend dan tentu punya kelebihan kelebihan. Kelebihan bercocok tanam dengan media polybag adalah sebagai berikut:

1.    Hemat / Murah

Media yang digunakan dalam bercocok tanam di polybag adalah kantong polybag, tanah, pupuk kompos, dan itu adalah media utamanya, so pasti murah bukan?

2.    Cocok Di Lahan Sempit

Bertanam dengan menggunkaan media polybag juga sangat cocok diterapkan dilahan sempit, betapa tidak media polybag bisa disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan penempatan yang bisa menghemat lahan.

3.    Maksimal dalam pertumbuhan

Bercocok tanam menggunakan media polybag membuat tanaman akan menghisap unsur hara dan nutrisi tanaman menjadi lebih maksimal karena unsur hara dan nutrisi tanaman tertahan . tidak akan berpencar kemana mana sama jika bertanam di secara konvensional di tanah.

Adapun tanaman yang bisa di tanam dengan menggunakan media polybag antara lain: Cabe, Tomat, kemangi, Terong, dll. Harapan dari sekolah adalah kegiatan ini selain dilaksanakan disekolah juga bisa dipraktekkan di rumah sehingga hasilnya dapat kita manfaatkan untuk membantu menghemat kebutuhan ekonomi keluarga. 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook