Semarak HUT Pramuka ke-56 di SMPN 2 Kokap

Selasa, 15 Agustus 2017 13:10:36 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

SEMARAK HUT PRAMUKA KE-56

DI SMP NEGERI 2 KOKAP

 

Upacara HUT Pramuka ke-56 tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Kokap dilaksanakan di Lapangan Wiyata Mandala SMP Negeri 2 Kokap, Senin, 14 Agustus 2017 pukul 07.30 sampai selesai. Hadir pada upacara tersebut Camat Kokap yang sekaligus sebagai pembina upacara. Upacara HUT Pramuka ke-56 diikuti oleh seluruh siswa SMP Negeri 2 Kokap, SD terdekat, yakni SD Pantaran dan SD Plaosan. Hadir pula seluruh Kamabigus/Kepala Sekolah baik SD maupun SMP, semua pembina Pramuka dari masing-masing sekolah se Kecamatan Kokap. Tema peringatan HUT Paramuka ke-56  tahun ini adalah Bekerja untuk Kaum Muda Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa.

Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh pembina upacara diantaranya menyebutkan bahwa : Dengan mengusung tema hari Pramuka ke 56 tahun 2017 yaitu Bekerja untuk Kaum Muda Meariskan yang Terbaik untuk Bangsa, mengindikasikan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dakam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi Bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimoin terbaik bagi bangsanya.

Untuk menyemarakkan acara ditampilkan pertunjukan tari dari siswa SMP Negeri 2 Kokap. Tari yang berjudul “Wreksa Kalapa” menggambarkan upaya mencintai flora Indonesia kususnya pohon kelapa yang menjadi lambang Gerakan Pramuka. Disamping itu juga mengajak agar mencintai tumbuhan yang lain mengingat SMP negeri 2 Kokap akan meju sekolah Adi Wiyata tingkat Provinsi DIY. Tari kreasi baru yang digarap oleh Ibu Dwi Suwarti Ningsih (Guru Seni Budaya SMP Negeri 2 Kokap) di tahun 2017 ini menjadi juara 1 FLSN tingkat Kabupaten Kulon Progo dan juara 3 FLSN tingkat Provinsi DIY. Adapun penarinya adalah Nur Halimah, Rifani Agustina, Vira Taufi Qurohmi, Putri Eka Rahmawati dan Lady Viana Handayani.

 Menurut ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kokap Kemiran, S.Pd. yang diperkuat oleh Kepala SMP Negeri 2 Kokap, Drs. Sutiyono bahwa di masing masing sekolah pada saat yang sama juga melaksanakan upacara dengan mengenakan pakaian pramuka lengkap.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan Kursus Orientasi Keparamukaan bagi para Kamabigus/kepala sekolah baik SD maupun SMP. Kegiatan ini diikuti oleh semua Kamabigus baik SD maupun SMP yang berjumlah 43 orang. Kursus Orientasi Kepramukaan diisi oleh andalan Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kulon Progo yaitu Kak Drs. H. Subarjo dan juga dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo yaitu Sekretaris Dinas Kak Eko Teguh Santoso, S Pd. Kursus orientasi berlangsung satu hari menempati ruang pertemuan yang berada di samping Bumi Perkemahan SMP Negeri 2 Kokap. Diharapkan setelah mengikuti kursus orientasi para kepala sekolah dapat mengimplementasikan pelaksanaan Pramuka di sekolah masing-masing sesuai dengan Undang-undang Kepramukaan maupun Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berkaitan kegiatan wajib ekstrakurikuler Pramuka pada kurikulum 2013.

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook