Gotong Royong Melatih Peserta Didik Bermasyarakat

Selasa, 15 Agustus 2017 15:22:20 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

Gotong Royong Melatih Peserta Didik Bermasyarakat


Senang rasanya ketika anak-anak kita bisa hidup bersama di lingkungannya, bersama masyarakat pada umumnya. Hal tersebut menjadi cita-cita kita sebagai orang dewasa kepada generasi muda, generasi bangsa, penerus bangsa, menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Bentuk aktivitas sederhana tersebut adalah memberi contoh dan pembiasaan.

Yang pertama, perlu ada peran orang dewasa dalam memberi teladan, atau contoh yang baik, memberikan makna yang baik atas aktivitas gotong royong tersebut. Gotong royong merupakan budaya baik yang selama ini berkembang di masyarakat Indonesia. Jangan sampai dengan perkembangan jaman, maka budaya tersebut tergerus, mengingat tantangan global sangatlah kuat.

Yang Kedua, perlu adanya pembiasaan dalam melakukan gotong royong. Dimana perlu adanya upaya yang rutin dalam kegiatan di dalam maupun di luar sekolah. Tentu perlu ada keterlibatan dan pemantauan yang sinergi dari berbagai pihak. Peran sekolah, masyarakat, serta orang tua/wali sangatlah penting untuk masa depan peserta didik.

Hari ini Selasa, tanggal 15 Agustus 2017, di Rumah Bapak Panut (Ds. Kalinongko, Kedungsari, Pengasih) telah diadakan sinergitas Program Lantainisasi dengan Implementasi Nilai Karakter Gotong Royong, yang melibatkan semua pihak (sekolah, masyarakat, stakeholder di tingkat kabupaten, kecamatan, desa, dusun), sehingga menjadi perekat yang kuat dalam mempertahankan budaya gotong royong.

Jaya Kulon Progo, Maju Indonesia!!!

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook