Gebyar HUT Pramuka ke-56 di SMPN 1 Kalibawang

Rabu, 16 Agustus 2017 10:59:10 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

Gebyar HUT Pramuka ke-56 di SMPN 1 Kalibawang

 

Gerakan Pramuka adalah organisasi kepanduan di tanah air yang semakin memantapkan perannya di era yang begitu mendunia. Peran tersebut diwujudkan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang terprogram yang dimulai dari satuan pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA/SMK). Terlebih pada saat ini Kegiatan Kepramukaan diberikan “payung hukum” yaitu Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 dengan tujuan antara lain melatih sikap disiplin, kejujuran, tanggung jawab, percaya diri, sikap agamis, dan dapat berkomunikasi.

Untuk memeriahkan pelaksanaan Hari Pramuka yang ke-56, sekolah melaksanakan berbagai agenda kegiatan yaitu, pra, hari H, dan pasca pelaksanaan. Kegiatan pra meliputi kegiatan kerja bakti, membersihkan lingkungan sekitar sekolah (di dalam dan di luar lingkungan sekolah) yang dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Agustus 2017 sebelum pelaksanaan proses belajar mengajar. Selanjutnya pada saat tanggal 14 Agustus 2017 dilaksanakan upacara bendera Hari Pramuka di halaman sekolah. Upacara dimulai pukul 07.00 berakhir pukul 08.00 WIB dengan Pembina Upacara Ibu Kepala Sekolah. Pembina Upacara membacakan amanat upacara dari Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. Upacara berjalan dengan tertib dan lancar. Upacara diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX dan bapak/ibu guru dan karyawan SMP Negeri 1 Kalibawang.

 

Setelah usai upacara, dilaksanakan gerakan menanam sayuran cabai, terong di polybag yang  dilaksanakan oleh para penggalang kelas VII dan VIII yang dipandu oleh kakak-kakak pembina yang juga bapak/ibu guru pembina pramuka. Tanaman tersebut ditanam di area depan ruang guru. Kegiatan ini berjalan dengan meriah, penuh semangat dan antusias dari para siswa. Event tersebut  dapat menumbuhkan dan memupuk karakter tanggung jawab, disiplin, kerja keras, patuh, gotong - royong, peduli, dan karakter yang lain. Sejalan dengan tema Hari Pramuka kali ini yaitu “bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa”. Bahwa para penggalang adalah kaum muda, generasi penerus bangsa yang akan mewarisi estafet kepemimpinan negeri ini. Generasi muda yang tangguh dan kuat akan menjadikan negeri ini menjadi negara yang kokoh, berdaulat dan siap bekompetisi dengan negara lain.

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook