Pentas Kesenian Budaya Daerah di UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Temon

Rabu, 16 Agustus 2017 11:13:38 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

Pentas Kesenian Budaya Daerah di UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Temon

 

            Bertempat di halaman UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Temon, Selasa 15 Agustus 2017 berlangsung pentas group seni dan sanggar seni budaya se UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Temon. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo melalui Program Pengembangan Kesenian Budaya Daerah dengan UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Temon. Pentas seni yang diselenggarakan disaksikan oleh unsur dari Kecamatan dan Muspika Kecamatan Temon, para Kepala Sekolah baik TK, SD maupun SMP se Kecamatan Temon, guru –guru, siswa siswi maupun masyarakat sekitarnya.

            Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo melalui utusannya mengemukakan bahwa kegiatan pentas group seni dan sanggar seni budaya dilaksanakan dengan tujuan untuk membina, memberdayakan kelompok seni di tataran pendidikan untuk mengembangkan seni di masing-masing  usia  anak sekolah dengan bentuk pementasan yang mengacu kepada kreativitas masing-masing sekolah dan berpijak pada seni tradisi. Lebih lanjut dikemukakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengangkat potensi yang ada dengan segala kreativitasnya dengan tetap melestarikan dan mengembangkan seni tradisional yang ada di sekolah-sekolah di Kabupaten Kulon Progo.

            Pentas seni yang berlangsung di UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Temon di ikuti oleh 4 group/kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah 25 orang terdiri dari pemusik dan penari, diantaranya yaitu:

1.    Kelompok PAUD/TK diwakili oleh group Sekar Yoga Budaya menampilkan tarian Angguk

2.    Kelompok SD/MI diwakili oleh gruop Langen Budaya menampilkan Dolanan Anak

3.    Kelompok SMP/MTS diwakili oleh group Sekar Monsa menampilkan tarian Angguk putri

4.    Kelompok Sanggar Budaya diwakili oleh group Sekar Gulang menampilkan tarian incling.

 

Kepala UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Temon Dra. Siti Mangunah menyambut baik kegiatan pentas kesenian budaya daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo tersebut. Beliau  berharap melalui kegiatan pentas seni   anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dapat mencintai dan melestarikan budaya daerah masing-masing.

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook