Kulon Progo Telah Mensosialisasikan Perbup PPK, 2018 Siap Diimplementasikan

Selasa, 19 Desember 2017 09:46:28 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 


Pada hari Senin tanggal 18 Desember 2017 di UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Kokap mengadakan Sosialisasi Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan bertempat di Aula UPTD. Kegiatan di atas merupakan rangkaian agenda Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di UPTD Kecamatan, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di 9 UPTD Kecamatan, antara lain: Kecamatan Wates, Temon, Galur, Lendah, Sentolo, Pengasih, Nanggulan, Girimulyo dan Kalibawang. Sedangkan Sosialisasi PPK akan dilaksanakan/dilanjutkan pada hari Selasa tanggal 19 Desember 2017 di UPTD Panjatan dan Samigaluh.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih sebanyak 60 – 70 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah (TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs), Pengawas Sekolah, Sebagian Komite Sekolah, Kepala Desa, BPD, serta dihadiri oleh Camat, Danramil, Kapolsek dan Kepala KUA setempat. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dibuka oleh Kepala UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Kokap, Sutilah, S.Pd., serta sebagai Narasumbernya, Drs. Suharyono, selaku Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo. Dalam menyampaikan materinya Drs. Suharyono diantaranya menyatakan betapa pentingnya menumbuhkan 5 Nilai Utama Pendidikan Karakter kepada anak, yang meliputi: Nilai Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong dan Integritas.

Untuk mengembangkan nilai gotong royong bisa melibatkan anak-anak dalam kegiatan kerja bakti di masyarakat, bedah rumah dan lain-lain, katanya menyontohkan. Disamping itu Bapak/Ibu guru dan orang tua di rumah juga harus bias menjadi model  bagi anak-anak kita. “Jangan sampai di sekolah sudah rajin melaksanakan sholat, tapi di rumah tidak sholat, karena orang tuanya sendiri malah tidak sholat, itu salah satu contohnya Bapak dan Ibu bagi yang beragama Islam” katanya menambahkan. PPK ini juga membutuhkan peran semua pihak, dimana ada sinergitas antara tugas dan fungsi Guru di Sekolah, Peran Orang Tua di Keluarga serta Peran Masyarakat di Lingkungan Masyarakat. Camat, Danramil, Kapolsek dan KUA menjadi bagian dari masyarakat yang dapat memperkuat PPK ini, sehingga diharapkan PPK dapat didukung oleh berbagai pihak, termasuk Komite Sekolah, Kepala Desa dan BPD yang ada di Desa.

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook