Disdikbud Boyolali Studi Banding PPDB Sistem Zonasi

Rabu, 31 Januari 2018 10:00:44 - Oleh : Bidang SMP
Pertemuan Studi Banding PPDB di Ruang Srikandi  

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo pada hari Selasa, 30 Januari 2018.

Kunjungan dimaksudkan untuk melakukan studi banding pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online dan dengan sistem zonasi.

Sri Sugiyarti sebagai ketua rombongan mengatakan, PPDB di Kabupaten Boyolali belum dilakukan secara online, dan belum menerapkan sistem zonasi, maka kami datang ke Kulon Progo ini untuk mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya.

“Kami ingin menimba ilmu dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo yang telah terlebih dahulu melaksanakan PPDB baik secara online maupun dengan zonasi” tutur Sri Sugiyarti.

Dari kunjungan itu, Sri mengaku bahwa untuk melaksanakan PPDB yang mendasar kepada nilai berubah ke sistem yang mendasar pada zonasi atau jarak rumah bukanlah hal yang mudah. “Efek positif dan tantangan yang perlu dihadapi oleh Kulon Progo akan kami jadikan bahan pertimbangan untuk merumuskan kebijakan di Tahun 2018,’ lanjut Sri Sugiyarti.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Kulon Progo, Jujur Santoso mengatakan bahwa Kulon Progo adalah salah satu Kabupaten yang ditahun 2017 sudah berani melangkah sesuai Peraturan Menteri dalam pelaksanaan PPDB.

“Perubahan sistem PPDB dengan menggunakan zonasi bukan tanpa resiko, namun kita mampu mengatasi tantangan itu dengan baik, kedepan sistem PPDB dengan zonasi akan terus kita perbaiki dan sempurnakan”, tutur Jujur.

“Selain itu, kebijakan yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah cerminan sikap patuh kita kepada aturan, sikap patuh adalah perwujudan dari komitmen kita dalam melaksanakan pendidikan karakter di Kulon Progo,” pungkasnya.

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook