Pendidikan Karakter Membangun Nilai-Nilai Luhur

Minggu, 4 Februari 2018 21:27:35 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 


Diawal semester genap 2018, SMP Negeri 1 Wates mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter sesuai dengan Peraturan Bupati Kulon Progo No. 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di satuan pendidikan salah satunya melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan pada saat memulai pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran.

Semua siswa dan guru sebelum memulai dan mengakhiri kegiatan belajar mengajar di sekolah melaksanakan Prosedur Pelaksanaan (SOP) PPK. Setelah bel tanda masuk kelas berbunyi, siswa berbaris didepan pintu kelas, guru memasuki ruang kelas dan berdiri disisi pintu di dalam kelas. Siswa masuk satu per satu, berjabat tangan dan mencium tangan guru, menuju ke tempat duduk masing-masing, dengan posisi tetap berdiri.



Guru berdiri di depan kelas, siswa memimpin hormat Bendera Merah Putih. Siswa memimpin menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan berdoa. Selesai berdoa, siswa memimpin hormat kepada guru dengan menundukkan kepala dan mengucapkan selamat pagi kemudian guru menjawab dengan selamat pagi. Guru mempersilahkan siswa duduk dan kegiatan pembelajaran dimulai. Hal serupa juga dilaksanakan ketika mengakhiri kegiatan KBM pada sore hari ketika bel tanda selesai pembelajaran berbunyi. Guru berdiri didepan kelas, siswa memimpin menyanyikan lagu nasional atau daerah, siswa memimpin hormat Bendera Merah Putih, siswa memimpin berdoa. Selesai berdoa, siswa memimpin hormat kepada guru dengan menundukkan kepala dan mengucapkan salam selamat sore dan dijawab oleh guru dengan salam selamat sore. Siswa bergiliran berjabat tangan dan mencium tangan guru lalu keluar ruang kelas untuk pulang.



Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter juga dilakukan melalui kegiatan lain diantaranya melalui kegiatan Tadarus, Kajian Al-Kitab, Ekstrakurikuler, Latihan Dasar Kepemimpinan bagi pengurus OSIS, Bakti Sosial, dan Pelajaran Prakarya kelas 8 dengan kegiatan  pembuatan bahan setengah jadi dari bahan serealia, kacang kacangan dan umbi menjadi makanan khas wilayah Kulon Progo yaitu opak, krecek singkong, intip istimewa, kerupuk gendar, emping melinjo, dan rengginang.



Diharapkan dengan beberapa kegiatan dan pembiasaan tersebut dapat mendorong terwujudnya peserta didik yang berkarakter, beriman, bertakwa, berbudaya, cerdas, terampil, kompetitif, dan berwawasan kebangsaan sesuai dengan Visi SMP Negeri 1 Wates, sehingga pada saatnya nanti dapat berbakti kepada bangsa dan negara.


 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook