Khataman Al-Qur’an Kelas VI SD/MI Tingkat Kabupaten Kulon Progo

Kamis, 17 Mei 2018 14:48:48 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Khataman Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Kulon Progo di Gedung Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (16/5/2018). Peserta Acara terdiri dari Peserta khataman yang berjumlah 872 anak, Pendamping dari 12 Kecamatan 350 orang, Tamu undangan dan Petugas 750 orang, Panitia 55 orang dari Dikpora Kabupaten Kulon Progo, 35 orang dari unsur K3S dan KKG PAI.

Kepala Dikpora Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si. mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kerjasama dari seluruh panitia khataman Al-Quran, Kementerian Agama, Pengawas dan Guru Agama, Kepala Sekolah/Madrasah, BAZNAS, BPD, serta pihak-pihak lain. Selain itu, Kepala Dikpora Kabupaten Kulon Progo menyampaikan 872 siswa SD/MI kelas VI ini berasal dari 201 SD/MI di 12 Kecamatan. Kecamatan Wates 189 peserta. Kecamatan Temon 50 peserta. Kecamatan Panjatan 61 peserta. Kecamatan Galur 151 peserta. Kecamatan Lendah 67 Peserta. Kecamatan Sentolo 41 peserta. Kecamatan Pengasih 74 peserta. Kecamatan Kokap 70 peserta. Kecamatan Nanggulan 36 peserta. Kecamatan Girimulyo 22 peserta. Kecamatan Samigaluh 56 peserta. Dan Kecamatan Kalibawang 55 peserta.



Khataman Al-Qur’an ini diselenggarakan selaras dengan rekomendasi atas Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan, dimana peserta didik kelas VI SD/MI khatam Al-Qur’an, hafal Quran Surat An-Naas sampai dengan Surat Adh-Dhuha, dapat memahami tata cara sholat dan melaksanakan sholat wajib 5 (lima) waktu.

Dalam sambutan Bupati menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya khataman Al-Qur’an.  “Alhamdulillah kita bisa khatam bersama anak-anak seluruh Kulon Progo. Hari ini 800, InsyaAllah tahun depan 5.000. Bersyukur bisa selenggarakan kegiatan ini. Saya berharap dengan khataman ini memberikan satu makna yang besar pada pendidikan karakter anak didik kita sebagai generasi emas di tahun 2045” kata Bupati Kulon Progo.



Acara khataman diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, dilanjutkan Prakata Panitia Penyelenggara, Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, dan sambutan Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Prosesi khataman dilanjutkan Doa Senandung Al-Qur’an, Doa Qotim Al-Qur’an dan dilanjutkan penyerahan sertifikat dan sajadah.


 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook