Perjusa Mendidik Hidup Mandiri

Rabu, 12 September 2018 10:24:52 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Semangat, antusias, pantang menyerah, dan wajah penuh keceriaan. Itulah gambaran wajah siswa kelas IV dan V SD Negeri Cabean Kecamatan Lendah sebanyak 49 anak. Mereka mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat malam Sabtu (Perjusa) yang dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 September 2018 di halaman sekolah tersebut. Upacara pembukaan dilaksanakan pada pukul 07.30 ditandai dengan pembagian tenda secara simbolis oleh Kamabigus SD Negeri Cabean Suharman, S. Pd. kepada ketua regu Harimau, dan Sugiman, S. Pd. SD selaku pembina Pramuka kepada kepada regu Tulip.

Dalam sambutan dan pengarahan Suharman mengatakan, “Kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan, yang antara lain memuat dan mengatur kegiatan ekstrakurikuer wajib, salah satunya adalah kegiatan pramuka. Kegitatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kemandirian.”Perjusa diikuti oleh enam regu terdiri dari 3 regu putra dan 3 regu putri. Pembina Pramuka dan pendamping adalah semua guru di sekolah ini. Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sendiri telah berjalan rutin sejak awal tahun. Kegiatan kemping juga merupakan kegiatan yang telah diprogramkan oleh sekolah.

 

 

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan kemping ini. Menurur Dhea, siswa kelas V, “Kegiatan ini merupakan pengalaman pertama dan merupakan pengalaman baru. Saya sangat terkesan dengan Perjusa ini. Oleh karenanya tahun depan saya berharap sekolah mengadakan kegiatan seperti ini, namun di tempat lain.”

Kegiatan yang dilombakan dalam Perjusa meliputi: tali temali (pionering), memasak nasi goreng, kebersihan tenda, jelajah alam, serta kedisiplinan dan ketertiban. Dalam puncak acara api unggun, setiap regu menampilkan pentas seni gerak dan lagu, drama, dan kompilasi drama dan tari moderen. Persiapan siswa dalam pentas seni ini tergolong cepat, namun beberapa regu dapat menampilkan gaya dan kreasi dengan bagus. Hal ini dibuktikan dengan penonton yang cukup banyak terdiri dari wali murid, warga sekitar, dan siswa lainnya setia menanti sampai semua regu dapat menampilkan kebolehannya.

Jelajah alam berada di Goa Kebon, tempat wisata alam di Kecamatan Panjatan yang berjarak sekitar 4 km dari SD Cabean. Pada acara itu juga dilaksanakan lomba: sandi morse, makan krupuk, membau, dan meletuskan balon dengan pantat. Kegiatan sangat menarik. Siswa menelusuri jalan setapak di bawah pepohonan dan hutan jati yang meranggas.  Dibawah terik sinar matahari yang cukup menyengat adik-adik Pramuka tetap semangat sambil bersendagurau untuk melepas kepenatan. Perjusa diakhiri pada hari Sabtu pukul 11.30. Upacara penutupan dilaksanakan di halaman SD Negeri Cabean ditandai dengan pembagian hadiah kepada regu yang menang dalam lomba tersebut. Pada saat itu juga dilaksanakan perpisahan dengan Kak Ratna Sari Widiastuti, S. Pd. T. Pembina Pramuka SD Negeri Cabean yang berpindah tugas mengajar di sekolah wilayah Kabupaten Bantul.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook