Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa

Selasa, 2 Oktober 2018 00:32:14 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Senin (1/10/2018) bertempat di halaman Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Unit 1. Upacara diikuti oleh Struktural dan Seluruh Staf Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo.

Bertindak sebagai pembina upacara, Sekretaris Dinas Dikpora Eko Teguh Santosa, S.Pd. membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengku Buwono X diantaranya menyebutkan “Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia, sebagai falsafah, ideologi, dan alat pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar Negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. Kondisi ini dapat terjadi karena didalam perjalanan sejarah dan adanya kompleksitas keberadaan bangsa Indonesia seperti adanya keragaman suku, agama, bahasa daerah, pulai, adat istiadat, kebiasaan budaya, serta warna kulit jauh berbeda satu sama lain tetapi mutlak harus dipersatukan melalui dasar Pancasila. Hal ini sekiranya telah sejalan dengan Tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”, maka sudah semestinya tema ini dapat memberikan kesadaran bagi kita bersama untuk meresapi nilai-nilai luhur yang telah dirumuskan oleh para pendiri bangsa tersebut untuk dapat merekat erat sebagai kepribadian bangsa. Hal ini sangat penting karena dengan kondisi sosiokultur yang begitu heterogen dibutuhkan sebuah ideologi yang netral namun dapat mengayomi berbagai keragaman yang ada di Indonesia”.  

Selain itu, Eko Teguh Santosa, S.Pd. juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua yang terlibat dalam acara Sepeda Nusantara Etape Menoreh 2018, khususnya dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook