Peringatan Hari Bela Negara Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo

Kamis, 20 Desember 2018 10:56:04 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Rabu (19/12), Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Drs. Suharyono memimpin pelaksanaan apel yang rutin digelar di halaman Dinas Dikpora Unit 1. Apel diikuti oleh Pejabat Struktural dan Staf Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo.

Bertindak sebagai pembina apel, Drs. Suharyono membacakan sambutan Bupati Kulon Progo dalam rangka Hari Bela Negara Tahun 2018, diantaranya menyebutkan “Bela negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat. Dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib ikut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing. Untuk mewadahi hal tersebut, pemerintah telah menerbitkan Inpres Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019. Inpres ini menggenapi perwujudan amanat Bela Negara dalam UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan tentang pertahanan negara. Inpres ini mewujudkan Bela Negara sebagai hak asasi manusia bangsa Indonesia sesuai pasal 68 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia yang mengamanatkan agar segenap bangsa Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya tetap dapat memberikan sumbangsihnya dalam Bela Negara. Didalamnya tercermin keluasan konteks Bela Negara yang semakin relevan dengan ragam tantangan dan kecepatan perubahan dunia di segala bidang.

Selain itu, pembina apel juga mengajak untuk menginsyafi kembali kemerdekaan bangsa dan negara yang telah dianugerahkan oleh Allah. “Mari kita insyafi kembali kemerdekaan bangsa dan negara yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai modal dasar kerja bangsa di segala bidang. Mari kita syukuri bersama keberadaan ratusan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, beragam agama dan kepercayaan di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang membentang lebih dari seperdelapan khatulistiwa” tuturnya.  Tidak ada negara yang seperti negara kita, oleh karena itu marilah kita wujudkan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan kesatuan ini dengan Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang” tambahnya.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook