Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Negeri 3 Samigaluh Gelar Workshop

Selasa, 25 Desember 2018 01:23:16 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Rabu (19/12), SMP Negeri 3 Samigaluh mengadakan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Implementasi Kurikulum 2013. Pelaksanaan Kurikulum 2013 bagi sekolah kami baru berjalan dua tahun sehingga untuk kelas VII dan VIII menggunakan Kurikulum 2013, sedangkan untuk Kelas IX menggunakan Kurikulum 2006. Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam perkembangannya terdapat berbagai pengertian dan istilah baru yang harus dimengerti oleh para guru.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh guru SMP Negeri 3 Samigaluh dan dilaksanakan sesuai dengan himbauan dari Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si. agar sekolah mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi guru pada saat libur jeda semester.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Samigaluh, Sigit Slamet Raharta, S.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Guru berada di garda terdepan sebagai pelaksana di lapangan yang memberi bekal pengalaman kepada peserta didik, guru tidak boleh stagnan dalam menimba ilmu, harus kreatif, inovatif, dan menjadi pelayan bagi peserta didik” tuturnya.

Narasumber yang memaparkan materi adalah Edi Sutanto, M.Pd., Pengawas Sekolah Bidang SMP dari Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo. Edi Sutanto, M.Pd. menyampaikan bahwa guru tidak boleh ‘kaget’ dengan adanya perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Guru harus selalu tanggap dengan adanya perubahan tersebut. Narasumber juga mengatakan tentang adanya paradigma pendidikan abad ke-21 yaitu pengembangan soal yang HOTS (Higher Order of Thinking Skills), yaitu soal yang memerlukan  tingkat berpikirnya/daya nalar tinggi dan pentingnya budaya literasi di sekolah. Literasi di sini diartikan sebagai literasi dalam arti luas.

Narasumber mengingatkan kembali akan tugas guru, yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan tindak lanjut pembelajaran. Dalam konteks perencanaan pembelajaran, guru diharapkan dapat mengerti tentang penyusunan Silabus, RPP, KKM, dan sebagainya. Sedangkan dalam konteks penilaian, guru diharapkan mengerti tentang bagaimana penilaian pembelajaran, baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Pada kesempatan ini narasumber, memberikan bimbingan/praktik bagaimana cara pengembangan/revisi dari Silabus dan RPP yang telah disusun oleh guru mata pelajaran dan guru pembimbing (BK). Harapannya, pada saat masuk sekolah, semester yang akan datang, Bapak/Ibu guru telah memiliki dokumen mutu guru yang berupa perangkat perencanaan pembelajaran yang siap digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kegiatan berakhir jam 3 sore dan dilanjutkan esok harinya dengan tugas mandiri bagi bapak/ibu guru, yaitu adanya produk dokumen mutu guru yang baik dan benar.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook