Bedah Kisi-Kisi Untuk Ujian Nasional Yang Berkualitas

Minggu, 13 Januari 2019 01:20:57 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Misi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat berprestasi, mandiri, berkarakter dan berbudaya. Seiring dengan misi tersebut, Dikpora Kulon Progo selalu berupaya meningkatkan kualitas SDM agar tercapai pendidikan yang maksimal. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengadakan kegiatan Sosialisasi Bedah Kisi-kisi Ujian Nasional Jenjang SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019, Kamis (10/1/2019). Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah agar guru-guru mata pelajaran yang diujikan nasional (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA) memiliki pemahaman yang baik tentang Kisi-kisi UN sehingga guru-guru tersebut mampu membimbing peserta didik menyiapkan diri dalam menghadapi UN Tahun 2019.   

Kegiatan Bedah Kisi-Kisi UN ini dilaksanakan rutin setiap tahun yang diikuti oleh perwakilan dari 4 Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), yaitu MGMP Bahasa Indonesia, MGMP Bahasa Inggris, MGMP Matematika, dan MGMP IPA. Masing-masing MGMP mengirimkan sejumlah 25 peserta yang terdiri dari guru-guru 4 mata pelajaran yang diujikan nasional tingkat SMP/MTs.  Kegiatan ini difasilitasi dan didanai dari anggaran Dikpora Kabupaten Kulon Progo untuk tahun anggaran 2019.

Kegiatan Sosialisasi Bedah Kis-kisi UN ini dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.Si. Kegiatan ini didahului dengan laporan penyelenggaran kegiatan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Jujur Santoso, S.Pd., M.Hum. Dalam kesempatan ini pula Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo berkesempatan menyerahkan Kisi-kisi UN tahun 2019 kepada masing-masing ketua MGMP 4 mapel UN. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi sosialisasi kebijakan seputar UN yang disampaikan oleh narasumber, Guryadi, S.Pd., M.Pd.       

Kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan kegiatan bedah kisi-kisi UN pada masing-masing MGMP selama 2 pertemuan dengan jumlah peserta sebanyak 25 untuk masing-masing MGMP. MGMP diberi kebebasan untuk mengundang narasumber yang kompeten dalam hal bedah kisi-kisi UN sesuai mata pelajaran masing-masing.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook