Tingkatkan Mutu Berbahasa Inggris: SMP Negeri 1 Temon Launching English Camp SMP Kulon Progo

Senin, 4 Februari 2019 14:01:12 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

SMP Negeri 1 Temon yang berlokasi di pintu barat masuk propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sekolah yang pertama kali melaksanakan pelatihan berbahasa Inggris untuk siswa siswinya. SMP Negeri 1 Temon menangkap peluang akan adanya Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport)  di Kecamatan Temon sehingga diharapkan lulusannya terampil berbicara dengan bahasa Inggris. Bukan tidak mungkin pemimpin-pemimpin yang akan datang berasal dari anak-anak Kulon Progo termasuk alumni SMP Negeri 1 Temon.

Pada Minggu, 3 Februari 2018 telah di Launching English Camp SMP Kabupaten Kulon Progo yang dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo Jujur Santoso, S.Pd., M.Hum. di SMP Negeri 1 Temon. Dalam sambutannya beliau berharap kepada semua peserta agar anak di abad milinium ini harus mempunyai kompetensi, berkarakter, dan melaksanakan literasi termasuk terampil berbahasa Inggris.

Adapun jumlah peserta untuk periode pertama ada 20 anak yang terdiri dari kelas VII dan VIII serta ada 1 peserta dari SMP Negeri 1 Galur. Jadwal kegiatan dilaksanakan selama 9 pertemuan yang diakhiri dengan praktek lapangan di obyek Wisata Candi Borobudur. Pembukaan tersebut di prakarsai oleh Kepala SMP Negeri 1 Temon Sukaryana, S.Pd. beserta Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum Yuli Ruwiati, S. Pd. dan Kesiswaan Titik Sumarni, S.Pd. Jas. dan beberapa orang guru dan staf tata usaha.

Kegiatan ini dilaksanakan di luar jam pelajaran dan hari libur sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah. Adapun tempat kegiatan tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas sehingga, diharapkan siswa merasa senang dan berani untuk mencoba berbahasa Inggris dengan tidak ada rasa takut salah.

Setelah dibuka kegiatan tersebut langsung dilanjutkan dengan sesi yang pertama oleh Tim English Camp yang pimpin oleh Ahmad Nurtriatmo, S.Pd., M.Hum. dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. SMP Negeri 1 Temon akan berusaha untuk selalu meningkatkan mutu lulusannya baik dalam bidang akademik maupun non akademik dengan tidak meninggalkan pendidikan karakternya seperti yang tertuang dalam visi dan misi sekolah.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook