Pembekalan CPNSD Bagi Guru Kelas dan Guru PAI Oleh Dinas Dikpora

Senin, 4 Maret 2019 00:05:23 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Jum’at (1/3) Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo memberi pembekalan bagi CPNSD terdiri dari 231 guru kelas dan 59 guru PAI bertempat di Ruang Sadewa. Dalam pembelakalan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Drs. Sumarsana, M.Si., Sekretaris Dinas Eko Teguh Santosa, S.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dra. RR. Rohyatun Budi Respati, Kepala Bidang Pembinaan SD Drs. Suharyono, Pengawas SD Jumari, S.Pd., Kepala Seksi PTK SD Winarti Pujiastuti, S.Pd., Kepala Sub Bagian Perencanaan Dian Putera Karana, S.Pd., M.Pd. dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dari masing-masing kecamatan.

Pembekalan diawali oleh Kepala Dinas Drs. Sumarsana, M.Si. yang menyampaikan misi, sasaran utama Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo.

“Misi kita yaitu mewujudkan SDM yang sehat, berprestasi, mandiri, berkarakter, dan berbudaya. Sedang sasaran diantaranya penguatan pendidikan karakter di satuan pendidikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidik dan tenaga kependidikan, meningkatkan sistem pembinaan pemuda dan olahraga” ungkapnya. Selain itu juga menambahkan tentang kebutuhan guru SD di Kulon Progo. “Kulon Progo masih membutuhkan banyak tenaga guru SD karena angka pension dari maret sampai oktober 80 orang” tambahnya.   

Drs. Sumarsana, M.Si. juga menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan pembangunan daerah dan peningkatan pelayanan publik dibuat pakta integritas yang harus dilaksanakan diantaranya mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) menuju wilayah demokrasi bersih dan melayani (WBBM), membayar zakat 2,5% atau dana persembahan, masuk kerja tepat waktu, melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok (KTR), mensukseskan program pemerintah dan mendukung program bela beli Kulon Progo, mensukseskan program smart city (SIM PnedekarKU).

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Eko Teguh Santosa, S.Pd. juga memberikan pembekalan tentang tata tertib guru dan penguatan pendidikan karakter. Selain itu juga menyampaikan bahwa guru harus menjadi contoh bagi semua khususnya peserta didik. “Guru itu harus bisa digugu dan ditiru segala ucapan dan tingkah laku oleh murid-muridnya” tegasnya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Drs. Suharyono memberikan pembekalan tentang penerapan penguatan pendidikan karakter seperti, pelaksanaan SOP pada saat masuk sekolah dan pulang sekolah, keagamaan, pramuka, kemataraman dan gotong royong.

Selain itu juga dilakukan pembekalan oleh Kepala Sub Bagian Perencaan Dian Putera Karana, S.Pd., M.Pd. tentang SIM PendekarKU berbasis web yang menjadi program smart city dari Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo yang digunakan untuk pelaporan penguatan pendidikan karakter.

Pembekalan terakhir dari Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dra. RR. Rohyatun Budi Respati menyampaikan tentang syarat permintaan gaji bagi CPNS, peraturan-peraturan yang terkait dengan guru, tata tertib menjadi guru seperti dalam penggunaan pakaian, kode etik guru, nilai agama dan etika. Selain itu juga meminta CPNS untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dengan update ilmu dan pengetahuan bisa melalui workshop dan lainnya.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook