Kepala Dinas Menjadi Narasumber pada Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan oleh LPMP DIY

Selasa, 12 Maret 2019 00:24:41 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Senin (11/3), Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si. menjadi narasumber pada sosialisasi penjaminan mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DIY di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Drs. Sumarsana, M.Si menyampaikan tentang kebijakan penguatan pendidikan karakter di Kabupaten Kulon Progo. Hadir dalam acara tersebut semua unsur dari bidang pendidikan dari kabupaten/kota se-DIY diantaranya, dewan pendidikan, perwakilan dinas pendidikan, perwakilan pengawas sekolah dan perwakilan sekolah.

Dalam paparannya, Drs. Sumarsana, M.Si. menyampaikan tentang kondisi Kulon Progo saat ini, Strategi dan kebijakan Dikpora Tahun 2019, Implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) yang telah dilaksanakan di satuan pendidikan Kulon Progo meliputi religius dan semangat kebangsaan.

“Di Kulon Progo kami memprioritaskan implementasi PPK yaitu religius dan semangat kebangsaan. Religius itu ekskul keagamaan dan semangat kebangsaan meliputi ekskul kepramukaan, pengamalan nilai-nilai Pancasila, pengenalan budaya kemataraman” tuturnya.

Drs. Sumarsana, M.Si. juga menyampaikan data khataman/tamatan untuk tahun 2017/2018 dan 2018/2019.

“Di Mei 2018 Dikpora Kulon Progo bekerjasama dengan Baznas Kulon Progo menyelenggarakan khataman jenjang SD/MI dengan peserta 872 anak. Untuk tahun 2019, Dikpora akan menyelenggarakan khataman/tamatan jenjang TK/RA. Pada 27 Maret 2019 diselenggarakan untuk yang muslim dan 28 Maret 2019 untuk yang non muslim” ungkapnya.

Program/kegiatan untuk mendukung implementasi PPK terhadap lingkungan sekolah di Kulon Progo yaitu dengan pemeliharaan taman melibatkan peserta didik, membuat kantin kejujuran yang sementara sudah ada di SMP Negeri 1 Galur, SMP Negeri 1 Wates, SMP Negeri 3 Sentolo. Selain itu juga ada penanaman pohon di lingkungan sekolah.

Untuk mendukung program smart city Kabupaten Kulon Progo dan pemantauan implementasi PPK di satuan pendidikan, Dinas Dikpora Kulon Progo membangun sistem informasi manajemen (SIM) PendekarKU. SIM PendekarKU digunakan untuk pelaporan PPK dari satuan pendidikan, selain itu juga digunakan untuk surat elektronik antara Dinas dan Satuan Pendidikan, seperti untuk kenaikan gaji berkala, ijin cuti, undangan dari satuan pendidikan ke Dinas. SIM PendekarKU dapat diakses langsung oleh semua kalangan, sehingga bisa melihat kegiatan apa saja yang dilakukakan anak kita di sekolah masing-masing.

Drs. Sumarsana, M.Si. juga menyampaikan program basnaz ke pendidikan, diantaranya Khataman, Bedah Masjid/Musholla sekolah, beasiswa miskin (SiabazKU), Bantuan untuk penjaga malam sekolah (THR), dan MTQ pelajar.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook