Gebyar Kemataraman Hari Ulang Tahun SMP Negeri 1 Temon Ke-40

Senin, 1 April 2019 16:14:00 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

SMP Negeri 1 Temon telah melaksanakan kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 (Lustrum ke-8) pada Jum’at dan Sabtu (29-30/3/2019). Sebenarnya Lustrum ke-8 jatuh pada tanggal 1 April 2019 bertepatan dengan adanya kegiatan TPMPD Kabupaten Kulon Progo sehingga waktu acara Lustrum ke-8 dimajukan. Puncak acara hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019 diawali dengan pelepasan balon sebagai tanda dibukanya kegiatan bazar kemudian semua tamu undangan mengunjungi semua stand sebanyak 12 kelas, sedang pembukaan acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah.

Acara ini dihadiri oleh seluruh warga SMP Negeri 1 Temon beserta para undangan yang terdiri Pengawas Sekolah SMP Suharno, S.Si., Purna Kepala Sekolah, Ibu Bapak Guru maupun staf tata usaha yang telah purna ataupun pindah tugas. 

Acara ulang tahun bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menunjukkan kreatifitas serta hasil karya sekaligus menampilkan gebyar kemataraman dalam rangka pembentukan karakter. Dalam acara ini seluruh warga SMP Negeri 1 Temon memakai pakaian adat Yogyakarta, hal ini bisa menunjukkan kepada pada peserta didik bahwa pakaian adat Jawa tidak menghalangi kita dalam melakukan kegiatan justru terasa ada rasa yang begitu dalam karena dengan pakaian adat Jawa saja sudah dapat mengontrol tingkah laku dan tutur kata kita. Adapun tema Lustrum ke-8 ini adalah “Meningkatkan prestasi dalam 40 tahun mengabdi”.

Budaya kemataraman yang digelar antara lain adalah fashion pakaian adat Yogyakarta dan lomba tumpeng antar kelas. Tumpeng memiliki makna antara lain wujud sukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rizqi kepada kita. Tumpeng dibuat mengerucut sebagai pertanda bahwa semakin dewasa seseorang akan semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dengan tumpeng tersebut diharapkan tercipta keakraban dengan sesama karena kita bisa makan bersama dalam satu tempat. Artinya kita bisa merasakan susah dan senang secara bersama-sama.

Acara di mulai dengan do’a pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Pembinaan karakter keagamaan diwakili dengan acara khataman bagi 45 siswa kelas 9. Di bawah bimbingan Ibu Nurul Khikmawati, S.Pd.I. dan Bapak Erry Iswanto, S.Pd.I.

Bidang sosial pada Jum’at, 29 Maret 2019 mengadakan kegiatan gotong-royong 3 masjid di sekitar SMP Negeri 1 Temon yaitu Desa Kebonrejo, Temon Kulon dan Temon Wetan,  sedangkan bakti sosial di Gereja dialihkan karena Gereja sedang digunakan untuk acara pernikahan. Kegiatan sosial pada Sabtu, 30 Maret 2019 adalah memberikan santunan kepada 27 siswa yatim, piatu, yatim piatu dan kaum dhuafa dengan memberikan sembako.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Temon Sukaryana, S.Pd. pada kesempatan ini memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi sampai tingkat Kabupaten maupun Provinsi pada tahun 2018 dan 2019 sebanyak 7 penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan kepada juara Olimpiade Guru Nasional (OGN) Yuli Ruwiati, S.Pd. (Bahasa Inggris), Murtiyani, S.Pd.  (Bahasa Indonesia), Sri Khayati, S.Pd (IPA), Ani Sulistyaningsih, S.Pd. (IPS), dan juara 3 lomba macapat tingkat Provinsi tahun 2019 yaitu Fathul Anshori, S.Pd. (Bahasa Jawa).

Kesenian yang digelar meliputi Tari Angguk, Tari Jaranan, dan Tari kreasi baru “Greget Padesan, stand up komedi, drama, lawak. Tari angguk merupakan keunggulan di SMP Negeri 1 Temon sebagai pembina ekstra adalah Ibu Sri Katri. Saat tampil pada lustrum ini diikuti oleh 20 peserta dengan iringan gending secara live di bawah bimbingan Wahyu alumni SMP Negeri 1 Temon. Keterlibatan para alumni sangat membanggakan karena mereka mimbimbing adik-adik nya agar berani menampilkan karya yang terbaik. Tari Jaranan, dan Tari kreasi baru “Greget” adalah hasil arahan dan bimbingan dari Ibu Dwi Suwarti Ningsih, S.Pd.

Pandidikan ekonomi kami memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk mengadakan bazar dengan mata dagangan dari hasil karya anak yang berupa olahan makanan tradisional, ternyata hasil dari bazar tersebut sangat membanggakan terbukti dari hampir semua stand mata dagangannya laku keras bahkan habis terjual. Ini bisa menambah kepercayaan diri para siswa dalam pengembangan berwirausaha bahwa semua yang dapat dilihat oleh mata kita pasti bisa dilakukan bila memang punya niat dan usaha.

Dalam setiap pergantian acara tidak lupa dibagikan doorprize yang jumlahnya mencapai 178 buah dan hadiah lomba-lomba seperti lomba kelas menyenangkan, lomba tumpeng antar kelas, bazar, fashion pakaian adat Yogyakarta, pentas seni dan lain-lain. Doorprize tersebut didapatkan dari Ibu Bapak guru dan sponsor. Tujuan pemberian doorprize adalah memberikan kejutan yang menyenangkan kepada semua yang mengikuti acara peringatan Lustrum ke-8 SMP Negeri 1 Temon, selain itu juga contoh nyata bersedekah dari para pamong kepada peserta didik.

Demikian sekilas kegiatan gebyar kemataraman dan Lustrum ke-8 SMP Negeri 1 Temon yang telah terlaksana. Tak lupa kami Kapala SMP Negeri 1 Temon, Sukaryana, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung acara ini baik peserta didik, guru, karyawan maupun para sponsor yang telah membantu dengan pikiran, tenaga maupun dana. Kami juga mengucapkan secara khusus kepada mitra kerja kami yaitu Toko Prima Yogyakarta, Bank Nusamba Temon, Bank BPD Temon, Warung Destro Pengasih, Primagama Wates, Bank BPR Temon, Ibu Hj Sri Ambar Purwanti, Ibu Ismirah, S.Pd, Thai-Thai Tea, dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Harapan kepala SMP Negeri 1 Temon kedepan semakin maju dan menghasilkan lulusan yang berkualitas untuk menjadikan Temon sebagai smart city. Acara diakhiri dengan ramah tamah oleh semua tamu yang hadir.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook