Kaji Banding Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang ke SMP Negeri 1 Lendah

Senin, 1 April 2019 16:44:34 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Kamis, 28 Maret 2019 SMP Negeri 1 Lendah menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dalam rangka kaji banding Penerapan Kurikulum Kesehatan Reproduksi dalam pelajaran di sekolah. Rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang berjumlah 65 orang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan, Bagian Kesra Setda, Kementrian Agama, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, TP PKK, Petugas Pengelola Program UKS Puskesmas se-Kabupaten Semarang, Guru UKS perwakilan tiap wilayah Puskesmas se-Kabupaten Semarang.

Rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang sebelum sampai di SMP Negeri 1 Lendah diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dr Ananta Kogam DK, M.Kes. di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan  Tentara Pelajar Wates.

Kedatangan rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang di SMP Negeri 1 Lendah yang diantar Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo disambut antara lain oleh Sekcam Kecamatan Lendah mewakili camat Kecamatan Lendah, Kepala Seksi Peserta Didik Dan Pembangunan Karakter SMP mewakili Kepala Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Kepala SMP Negeri 1 Lendah, Kepala Puskesmas Lendah I, Pengurus Komite Sekolah SMP Negeri 1 Lendah, Pengurus UKS SMP Negeri 1 Lendah.

Selanjutnya rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang diterima di ruang Laboratorium IPA sebelum Ishoma. Dalam sambutan selamat datang Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lendah B. Hardana, S.Pd., M.Pd. antara lain menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dan permohonan maaf apabila banyak kekurangan dan kurang pas dalam menanggapi rombongan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang.

Menurut pimpinan rombongan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang kunjungan kaji banding ke Kabupaten Kulon Progo bertujuan antara lain untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan UKS di Kabupaten Kulon Progo, meningkatkan keterampilan TP UKS Kabupaten dalam pembinaan UKS, menggali informasi dan strategi pembinaan UKS serta mengetahui strategi advokasi untuk memasukkan kurikulum Kesehatan Reproduksi dalam pelajaran di sekolah.

Setelah Ishoma, B. Hardana, S.Pd., M.Pd. memberi paparan yang diberi judul “Sekolah Sehat SMP Negeri 1 Lendah” kepada rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. Dalam paparannya, Kepala SMP Negeri 1 Lendah menyampaikan Profil SMP Negeri 1 Lendah, Visi-Misi Sekolah, Kurikulum SMP Negeri 1 Lendah, Penguatan Pendidikan Karakter SMP Negeri 1 Lendah, UKS dan Sekolah Adiwiyata. Dalam sesi tanya jawab, Kepala Sekolah antara lain menjelaskan tentang pembelajaran kesehatan reproduksi yang dimasukkan ke dalam Kurikulum Dokumen I pada mata pelajaran PJOK dan IPA, selanjutnya diturunkan ke dalam Silabus dan RPP. Paparan diakhiri dengan penyerahan flashdisk yang berisi paparan Kepala Sekolah dan Buku Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Kabupaten Kulon Progo Jenjang SMP oleh Ibu Asmi Setyaningrum, S.Pd. selaku Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP.

Kunjungan kaji banding dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang diakhiri dengan foto bersama dan melihat kondisi lingkungan sekolah SMP Negeri 1 Lendah. Selanjutnya rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang mengunjungi sentra batik di Kecamatan Lendah.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook