Semangat Membangun Karakter Religius, SMP Negeri 4 Pengasih Selenggarakan Khataman Al-Qur’an

Senin, 8 April 2019 17:32:26 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Tumpah ruah masyarakat Kemaras, Sidomulyo, Pengasih di SMP Negeri 4 Pengasih  pada acara khataman Al-Qur’an 30 juz siswa kelas 9 pada sabtu malam (6/4/2019). Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.Si., Kepala Bidang Pembinaan SMP, Jujur Santoso,S.Pd., M.Hum., Kasi  Sarpras SMP Eko Suratman, S.IP., Pengawas Pembina Titik Haryani, S.Pd. serta Para Kepala Sekolah periode sebelum 2019. Kegiatan ini adalah perwujudan visi SMP Negeri 4 Pengasih “mewujudkan peserta didik yang beriman bertaqwa, berkarakter, cerdas dan berprestasi” yang dibrackdown dari Perbub 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di Kulon Progo.

Pada tahun pertama 2019 ini, 25% dari siswa kelas 9, 7 siswa dari SD Kemaras dan SD Wadas serta 3 santri dari masjid sekitar di wisuda sebagai khotimin-khotimat oleh direktur Rumah Tahfidz Zaheer Mubarok Cabang Kemaras Ustadz Muhyidin. Menyatunya sekolah dengan masyarakat ini sebagai bentuk totalitas dukungan masyarakat terhadap kiprah SMP Negeri 4 Pengasih dibawah kepemimpinan H.Ilyasin, S.Pd.,M.Pd. Semoga wisuda ini menginspirasi dan memotivasi belajar serta semangat membangun karakter secara intrinsik untuk adik-adik kelasnya.  Kegiatan semacam ini akan terus dipelihara selama payung hukum perbub 65 tahun 2017 tetap berlaku.

Kebersamaan yang dibangun SMP Negeri 4 Pengasih dengan lingkungan sudah dirintis oleh pimpinan terdahulu berupa jalinan Khotib Jum’at. Lalu dikembangkan dengan kegiatan Qurban bersama dan khataman bersama sekolah-sekolah SD se-zona dan takmir masjid sekita dengan harapan terbangun “Tri Pusat Pendidikan” Sekolah, Keluarga dan Masyarakat.

Fasilitas tempat ibadah berupa Musholla Assafar yang dirintis pembangunannya sejak masa kepemimpinan Ibu Hj. Sri Handayani, M.Pd. dilanjutkan Bapak  Mokhamad Sohin, S.Pd.,M.Pd. sangat membantu  mewujudkan visi sekolah. Semoga menjadi amal mereka yang terlibat. Penyempurnaan pembangunan fisik tetap terus dilakukan hingga saat ini siap digunakan setelah ujicoba 1 tahun. Meski belum sempurna seperti harapan agar Musholla sebagai sarana tempat mendidik siswa dengan hati dan karakter religius, Alhamdulillah Musholla Assafar pada Sabtu, 6 April 2019 diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.Si. dengan penandatanganan prasasti. Kepada segenap masyarakat dan para donatur serta para partisipan pembangunan Musholla disampaikan terima kasih teriring doa jazakumullah ahsanal jaza. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Kulon Progo menyampaikan bahwa tugas membangun karakter ini tidak sesederhana membalikkan telapak tangan. Namun perlu sinergi secara kolektif sesuai posisi masing-masing pada bingkai Tri Pusat Pendidikan yang ideal. Pembangunan  karakter, diantaranya  religius,  diperintahkan kepada sekolah-sekolah di Kulon Progo agar terwujud Indonesia emas di usia 100 tahun NKRI pada 2045 nanti.

Mimpi SMP Negeri 4 Pengasih disampaikan kepala sekolah akan melakukan revolusi, membawa potensi lingkungan sekolah asli menjadi aneka pusat belajar alami dengan branding sekolah adiwiyata. Air hujan, semak dan pepohonan, bebatuan dan tanah, hewan dan rerumputan akan dikelola menjadi media belajar penuh makna. Mimpi terwujud fenomena SMP Negeri 4 Pengasih menjadi hadiah Allah kepada hamba yang beriman (Al-Bayyinah: 8).

Dalam tausyiyahnya, Kyai Rofik yang hadir ditengah-tengah pengajian dengan tema khataman bersama pelajar, peringatan isro’ mi’roj dan peresmian musholla Assafar menyampaikan pentingnya sifat dermawan. Bahkan surga diharamkan bagi semua manusia yang  bakhil. Juga tentang penanaman karakter oleh orang tua pada anak, dan bahaya sikap durhaka anak kepada orang tua. Kebersamaan antara sekolah, masyarakat dan orang tua, InsyaAllah dapat mewujudkan cita-cita besar pada waktunya nanti. Semoga Tuhan selalu bersama kita. Aamiin.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook