Peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini di Dinas Dikpora

Kamis, 25 April 2019 21:42:20 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Kamis (25/4), Seluruh warga Dinas Dikpora mengikuti apel dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah bertempat di halaman Dinas Dikpora Unit 1. Bertindak sebagai pembina apel, Sekretaris Dinas Eko Teguh Santosa, S.Pd. membacakan amanat Menteri Dalam Negeri pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 dengan tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

Dalam amanat tersebut disampaikan bahwa kita harus kawal otonomi daerah, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dan tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah melalui keserasian hubungan antar stakeholder.

“Mari kita kawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mari kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, keserasian hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis”, ungkapnya.

Eko Teguh Santosa, S.Pd. juga membacakan sambutan Bupati Kulon Progo pada acara upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini Kabupaten Kulon Progo 2019. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa pada tanggal 21 april 2019 beberapa hari yang lalu bertepatan dengan peringatan “Hari Kartini”, tidak ada salahnya jika kita juga mengenang perjuangan Ibu Kita Kartini sebagai pejuang kaum perempuan. Peringatan Hari Kartini hendaknya tidak hanya bersifat ceremonial, akan tetapi sudah seharusnya untuk direfleksikan dalam kegiatan aktual yang selaras dengan cita-cita perjuangan Ibu Kita Kartini, yaitu mencerdaskan bangsa, dan berguna bagi sesama.

Dalam sambutan juga disampaikan bahwa peserta harus mengobarkan semangat juang Raden Ajeng Kartini dalam membela hak-hak kaum perempuan dan menciptakan kemandirian ekonomi melalui pemberdayaan sumber daya alam.

Mari kita kobarkan semangat juang Raden Ajeng Kartini dalam membela hak-hak kaum perempuan, dengan mengimplementasikan kedalam berbagai kegiatan yang kreatif, inovatif, berdaya guna dan berdaya saing tinggi. Kaum perempuan hendaknya bisa memanfaatkan potensi-potensi sumber daya alam lokal di sekitar kita. Ciptakan kemandirian ekonomi melalui pemberdayaan potensi lokal dengan menghidupkan lahan-lahan tidur di sekitar rumah kita, maupun pemberdayaan industri rumah tangga, UMKM, dan kegiatan produktif lainnya”, tuturnya.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook