Kuatkan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Dikpora Selenggarakan Khataman Siswa-Siswi SD/MI

Minggu, 28 April 2019 00:19:02 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Sabtu (27/4) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Khataman Al-Qur’an 30 Juz bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Kulon Progo di Gedung Taman Budaya, Kulon Progo. Khataman Al-Qur’an diikuti oleh 2490 peserta didik terdiri dari 918 peserta didik laki-laki dan 1572 peserta didik perempuan.  

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) beserta jajarannya, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si., Ketua Baznas Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo, Komisi IV DPRD Kulon Progo, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Ketua Dewan Pendidikan, Perwakilan Dewan Kebudayaan, Sekretaris Dinas Kebudayaan, Perwakilan dari Balai Dikmen Kulon Progo, Ketua PGRI, Forkopimda Kabupaten Kulon Progo, Perwakilan PDM Muhammadiyah Kulon Progo, Perwakilan PCNU Kulon Progo, Camat se-Kabupaten Kulon Progo, Forkopimcam Kecamatan Pengasih, Pengawas TK, SD dan SMP, Pengawas PAI, Kapokjawas Pendidikan Agama, Kepala Sekolah SD/MI se-Kabupaten Kulon Progo dan Pendamping Peserta Didik.

Drs. Sumarsana, M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 2490 peserta didik mengikuti kegiatan khataman SD/MI. Kegiatan ini merupakan amanah Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Penguatan Pendidikan Karakter telah diimplementasikan pada Januari 2018 diharapkan untuk mengantarkan generasi emas tahun 2045 dalam pelaksanaan ekstrakulikuler wajib keagamaan, maka dari itu peserta didik SD/MI wajib khatam Al-Qur’an.

Bupati Kulon Progo didampingi Ketua DPRD Kulon Progo, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo, Ketua Baznas Kulon Progo, Perwakilan dari Kodim 0731/Kulon Progo dan Perwakilan dari Polres Kulon Progo menyerahkan sertifikat dan sajadah secara simbolis kepada 24 peserta didik perwakilan dari 12 kecamatan.

Dalam sambutannya, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Dikpora Drs. Sumarsana, M.Si. beserta jajarannya atas terselenggaranya acara khataman SD/MI. Selain itu menyampaikan selamat kepada peserta didik SD/MI yang telah menyelesaikan USBN, semoga semua dapat lulus dan mendapat nilai yang bagus.

Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) juga mengucapkan terimakasih kepada wali murid peserta khataman yang telah melaksanakan Perda dan Perbup tentang pendidikan karakter.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada wali murid putra putri khataman yang telah melaksanakan Perda dan Perbup tentang pendidikan karakter dan memberikan sumbang sih bagi keluarga bapak ibu sehingga menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah”, tuturnya.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook