Dikpora Selenggarakan Paska Widya Karakter Kristen dan Inisiasi Karakter Katolik Jenjang SD

Sabtu, 4 Mei 2019 01:40:55 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Jum’at (3/5/2019) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan acara Paska Widya Karakter Kristen dan Inisiasi Karakter Katolik (Interkat) yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia dr. Lestaryono, M.Kes mewakili Bupati Kulon Progo. Hadir juga dalam acara tersebut, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si. beserta jajarannya, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Drs. Jazil Ambar Was’an, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Ketua Dewan Pendidikan dan Forkompimda Kabupaten Kulon Progo

Dalam pelaksanaan acara diselenggarakan di 2 tempat yaitu peserta didik beragama Kristen bertempat di Aula Sanggar Kelompok Belajar (SKB) Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo dan untuk peserta didik beragama Katolik bertempat di Ruang Pertemuan Sadewa Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo. Peserta didik yang mengikuti Paska Widya Karakter Kristen berjumlah 69 anak, sedangkan yang mengikuti Inisiasi Karakter Katolik berjumlah 186 anak.

Sebelum dr. Lestaryono, M.Kes. dan rombongan datang di ke-2 tempat telah dilaksanakan acara diantaranya menampilkan hasil karya budaya yang selama ini diajarkan di sekolah, pentas seni, menyanyikan puji-pujian, lagu daerah dan lagu Nasional.

dr. Lestaryono, M.Kes beserta rombongan menuju tempat pertama Aula SKB untuk wisuda siswa-siswi kelas VI SD peserta Paska Widya Karakter Kristen. Dalam acara tersebut, Drs. Sumarsana, M.Si. melaporkan bahwa kebijakan terselenggaranya acara ini merupakan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2015 dan Peraturan Bupati Nomor 65 Tahun 2017 dimana Dikpora diberi tugas untuk penguatan Pendidikan Karakter yaitu ekstrakurikuler wajib keagamaan untuk mendukung dan menuju generasi emas 2045 bagi peserta didik. Kerjasama dari dinas dan jajarannya dengan kepala sekolah, guru dan pendamping Kristen sehingga bisa menyelenggarakan acara Paska Widya Karakter Kristen dan hasilnya 69 anak kita yang sudah paska. Hal ini juga menjadi target kita, mari anak anak kita harus wajib ikut Paska Widya.

dr. Lestaryono, M.Kes. didampingi Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo berkenan memberikan sertifikat dan mengalungkan sampir kepada 12 peserta didik perwakilan dari masing-masing Kecamatan.

dr. Lestaryono, M.Kes. membacakan sambutan Bupati Kulon Progo diantaranya, “Tentunya sebuah kegiatan yang sangat membanggakan, karena kita melihat bahwa anak-anak usia SD ini sudah mampu menunjukkan hafalannya pada ajaran-ajaran agama yang dianutnya. Diharapkan dari hafalannya ini anak-anak dapat memahami ajaran agamanya dan mampu belajar sedikit demi sedikit untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di usia mereka yang masih SD ini tentunya saat yang tepat bagi kita untuk meletakkan dasar agama yang kuat. Mengingat bahwa ke depan hidup mereka masih panjang dan akan ada banyak tantangan dalam kehidupannya. Dengan sudah adanya dasar agama yang kuat ini, maka diharapkan mereka akan mampu menghadapi setiap tantangan dalam kehidupannya sesuai dengan ajaran agama yang telah dikuasainya dan diterapkannya dalam hidupnya. Tentunya dukungan dari kedua orangtua di rumah, guru-guru di sekolah dan pengajar maupun pemimpin agama sangat membantu dalam anak-anak memahami ajaran agamanya, sehingga mereka kelak menjadi penerus bangsa yang berkarakter”, tuturnya.

Setelah sambutan selesai, dr. Lestaryono, M.Kes beserta rombongan menuju tempat kedua Ruang Pertemuan Sadewa untuk wisuda siswa-siswi kelas VI SD peserta Inisiasi Karakter Katolik. Rombongan disambut dengan Syahadat, Tepuk, Salam PPK dan Mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Dalam sambutannya, Drs. Sumarsana, M.Si. menyampaikan bahwa “Dikpora ingin mengantarkan anak-anak dengan karakter, literasi dan kompetensi menuju generasi emas 2045, mengevaluasi PPK di sekolah khususnya ekstrakulikuler keagamaan dan menciptakan rasa cinta kepada kitabnya masing-masing dan ingin memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi. Ditempat ini ada 186 anak yang ikut dalam acara Inisiasi Karakter Katolik. Selanjutnya, kami mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah, guru pembimbing dan seluruh panitia yang sudah bekerja keras dalam terselenggaranya acara ini”, ucapnya.

dr. Lestaryono, M.Kes. didampingi Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo berkenan memberikan sertifikat dan mengalungkan sampir kepada 12 peserta didik perwakilan dari masing-masing Kecamatan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook