Tingkatkan Rasa Cinta Terhadap Al-Qur’an, Dikpora Selenggarakan Khataman Siswa-Siswi SMP/MTs

Minggu, 5 Mei 2019 23:58:22 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Khataman Al-Qur’an 30 Juz bagi siswa-siswi SMP/MTs di Gedung Taman Budaya, Kulon Progo pada Sabtu (4/5/2019). Khataman diikuti oleh 2.019 peserta didik. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo didampingi oleh Ketua DPRD Kulon Progo, Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Ketua Baznas Kulon Progo, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo dan Perwakilan Forkopimda Kabupaten Kulon Progo.

Sekretaris Dinas Dikpora Eko Teguh Santosa, S.Pd. dalam laporannya menuturkan tentang penyelenggaraan khataman.

Khataman Al Qur’an diselenggarakan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan. Tujuan Penyelenggaraan Khataman adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di lingkungan SMP/MTs melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, untuk meningkatkan rasa cinta terhadap  Al Qur’an serta meningkatkan penghayatan dan pengamalan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Meningkatkan semangat beribadah agar tertanam jiwa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT”, tuturnya.

Wakil Bupati Kulon Progo didampingi Ketua DPRD Kulon Progo, Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo menyerahkan sertifikat dan sajadah secara simbolis kepada 66 peserta didik yang telah hafal Juz 30 sebagai perwakilan dari seluruh peserta khataman.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo sangat optimis jika warga Muslim Kulon Progo sering melakukan syiar Islam dan mengagungkan Al-Qur’an sehingga Kulon Progo menjadi wilayah barokah.

“Saya percaya, jika warga Muslim Kulon Progo ini sering melakukan syiar Islam dan menggemakan serta mengagungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Kulon Progo ini akan menjadi bagian wilayah Indonesia yang barokah, daerah yang cinta damai dan bahagia lahir batin”, ungkapnya.  

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook