Wisata Buku Mantapkan Budaya Baca, Siswa SMPN 3 Samigaluh Kunjungi Gramedia Book Fair Tahun 2019

Senin, 6 Mei 2019 11:15:46 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Selasa (30/4/2019) SMP Negeri 3 Samigaluh beserta sekolah lain diberi undangan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo untuk mengikuti Kegiatan Kunjung Wisata Buku/Pameran Arsip dan Gramedia Book Fair Tahun 2019.

Kunjung Wisata Buku tersebut dilaksanakan pada 24 April sampai 3 Mei 2019 dan SMP Negeri 3 Samigaluh mendapatkan jadwal pada Selasa, 30 April 2019. Adapun peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 22 orang yang merupakan pengurus OSIS dan didampingi oleh Ibu Ismiyati, S.Pd. yang juga merupakan guru BK. Berangkat dari sekolah kurang lebih pukul 07.00 WIB dan sampai lokasi kurang lebih pukul 07.45 WIB.

Sebelum berangkat, Bapak Agus Riyanto, selaku Waka Kesiswaan berpesan, “agar anak-anak memanfaatkan kesempatan ini sebagai sarana menambah wawasan/pengetahuan dan pentingnya kecintaan terhadap buku dan budaya membaca/literasi,” ujarnya.  Di sisi lain, Kepala SMP Negeri 3 Samigaluh, Sigit Slamet Raharta, S.Pd. juga memberikan nasihat, “agar peserta didik memiliki kegemaran membaca. Dengan membaca, kalian mengerti banyak hal, membuat kalian jadi berpikir, berimajinasi, dan berkreasi. Pendek kata bisa  membuka cakrawala kalian,” tuturnya.

Sampai di lokasi, anak-anak langsung membaca-baca buku di tempat yang telah disediakan. Sekolah yang datang atau mengunjungi acara ini diberikan satu set bingkisan yang berupa buku yang dimanfaatkan sebagai referensi di perpustakaan sekolah. Peserta didik merasa senang, bangga, dan bahagia karena dapat melihat banyak hal di sini, antara lain koleksi buku dengan berbagai judul. Tak lupa anak-anak diajak mampir ke tempat area terbuka hijau, berupa taman hijau indah “Wana Winulang” yang lokasinya berdekatan dengan tempat lokasi pameran buku. Kurang lebih tiga jam, peserta didik berada di lokasi ini. Dan setelah dirasa cukup, mereka pulang kembali ke sekolah. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi mereka menjadi pribadi yang berkarakter kerja keras dan hobi membaca dan menjadi perintis perubahan bagi sekolah tercinta.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook