Dikpora Selenggarakan Ketuntasan Ekstrakurikuler Agama Katolik, Kristen, Budha Jenjang SMP

Senin, 6 Mei 2019 21:38:44 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Sebanyak 255 peserta didik kelas 9 SMP terdiri dari 151 peserta beragama Katolik, 98 peserta beragama Kristen dan 6 peserta beragama Budha mengikuti acara Inisiasi Karakter Katolik, Paska Widya Karakter Kristen dan Purna Widya Puja Bhakti Dhammapada Gatha Budha di Aula Adikarto Kulon Progo. Hadir dalam acara tersebut Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K)., Ketua DPRD Kulon Progo, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si., Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo Eko Teguh Santosa, S.Pd., Kepala Bidang Pembinaan SMP Jujur Santoso, S.Pd., M.Hum., Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dra. RR. Rohyatun Budi Respati, Pengawas SMP, Balai Dikmen Kulon Progo, Paguyuban Pegawai Kristiani Kabupaten Kulon Progo, Pemuka Agama Budha, Pemuka Agama Kristen, Pemuka Agama Katolik, Kepala Sekolah dan pendamping peserta.  

Drs. Sumarsana, M.Si. menyampaikan laporan tentang penyelenggaraan acara Inisiasi Karakter Katolik, Paska Widya Karakter Kristen dan Purna Widya Puja Bhakti Dhammapada Gatha Budha.

Pada kesempatan ini izinkan kami untuk melaporkan penyelenggaraan Purna Widya Puja Bhakti Dan Dammapada Gatha, Paska Widya Karakter Kristen, dan Inisiasi Karakter Katolik. Bahwa kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan”, ungkapnya.

Drs. Sumarsana, M.Si. juga menambahkan jumlah peserta yang mengikuti acara ketuntasan dan kerjasama yang dilakukan dalam proses penentuan siswa yang telat tamat membaca kitab suci agama masing-masing.

“Setelah dilaksanakan selama satu tahun akhirnya berhasil Siswa SMP berhasil tamat dalam membaca kitab suci agama masing-masing sebanyak 255 siswa yang terdiri dari Agama Katolik  151 siswa, agama Krsiten 98 siswa, dan agama Budha 6 siswa. Penentuan bahwa siswa telah tamat membaca kitab suci tidak dilakukan oleh Guru di sekolah tetapi oleh pemuka agama yang selama ini bekerja sama melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, yang untuk selanjutnya diverifikasi oleh Guru Agama dan Kepala Sekolah yang bersangkutan”, tambahnya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Dinas Dikpora Drs. Sumarsana, M.Si. dan segenap OPD yang mendukung kegiatan ini terlebih kepada Ketua DPRD Kulon Progo Ibu Akhid yang mengantarkan kita membangun karakter  dalam hal ini Perda Pendidikan Karakter Perda Inisiatif dari Kabupaten Kulon Progo. Selain itu mengucapkan terimakasih kepada tokoh agama dan guru agama yang telah membantu kegiatan karakter ini dengan sebaik-baiknya.  

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook