PendekarKU pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Top 99

Senin, 8 Juli 2019 00:26:25 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Kamis (4/7) Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo didampingi Kepala Dinas Drs. Sumarsana, M.Si. dan Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Dikpora Kab Kulon Progo Dian Putera Karana, S.Pd., M.Pd. memaparkan Penguatan Pendidikan Karakter Kulon Progo (PendekarKU) pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PANRB RI). PendekarKU masuk dalam top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2019 dari 3.156 inovasi pelayanan publik di Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) yang diajukan oleh 331 instansi.

PendekarKU merupakan inovasi pelayanan publik dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab Kulon Progo bertujuan untuk membangun generasi emas Kulon Progo tahun 2045 dan  menunjang ketercapaian tujuan pendidikan nasional. Nilai karakter yang diprioritaskan untuk dikembangkan yaitu nilai religius dan semangat kebangsaan.

Drs. H. Sutedjo memparkan tentang latar belakang adanya Penguatan Pendidikan Karakter, Dasar Hukum yang meliputi Perda dan Perbup Penguatan Pendidikan Karakter, Hasil Ekstrakurikuler Keagamaan meliputi data peserta didik yang mengikuti Khataman bagi yang beragama Islam, Interkat bagi yang beragama Katholik, Pawidya bagi yang beragama Kristen, dan Purna Widya Puja Bakti dan Dhammapada Gatha Budha bagi yang beragama Budha, kemudian data SDM lembaga keagamaan, dan besaran dana dari APBD tahun 2018 dan 2019 untuk mendukung ekskul keagamaan.

Selain itu, Drs. H. Sutedjo juga memaparkan tentang SOP awal dan akhir pembelajaran, gotong royong di dalam lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah seperti bedah rumah, dan budaya kemataraman. Sutedjo menambahkan bahwa PendekarKU didukung dengan SIM PendekarKU untuk memantau implementasi PendekarKU dan pelayanan kepegawaian untuk GTK melalui laman web pendekarku.kulonprogokab.go.id.

Setelah paparan dari Drs. H. Sutedjo dilanjutkan dengan sesi wawancara dan tanya jawab oleh tim panel independen dengan tim inovator PendekarKU. Drs. Sumarsana, M.Si. menjelaskan bahwa PendekarKU merupakan revolusi mental ala Kulon Progo yang menekankan pada nilai religius dan semangat kebangsaan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook