Hidupkan Kembali Era 80-an, SD Negeri Cabean Semarakkan Peringatan Hari Anak Nasional

Selasa, 23 Juli 2019 09:45:58 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 


Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di SD Negeri Cabean Kecamatan Lendah ditandai dengan Upacara Bendera dengan membacakan Sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Pembina Upacara Suharman, S. Pd pada Selasa (23/7/2019). Tema Peringatan HAN 2019 adalah “Hamemayu Sesanti ajining Pertiwi: Membangun Identitas dan Karakter Anak untuk Berbangsa dan Bertanah Air Indonesia.” Anak pada masa kini harus diberi bekal solidaritas, kesetiakawanan dan toleransi semangat untuk maju, berprestasi dan berbagi yang kuat agar tidak terjangkiti serta bangga dengan budaya asing dalam kemasan games, film, musik, kuliner, dan gaya hidup lainnya.

Untuk menumbuhkan, mengingat kembali, dan melestarikan budaya tradisional, setelah mengikuti upacara bendera di SD Negeri Cabean Kecamatan Lendah, Kulon Progo mengadakan lomba bernuansa tradisional. Hal ini bertujuan agar anak-anak kembali seperti hidup pada masa kecil bapak ibu guru 20-30 tahun yang lalu. Saat itu permainan bernuansa kebersamaan, menumbuhkan sikap sosial, dan solidaritas sesama teman.

Kelas I melaksanakan lomba mengipasi dan menggiring bola dengan jarak 10 meter. Kelas II permainan sundah mandah. Kelas III memasukkan paku ke dalam botol bekas kemasan minuman dan lari kelerang. Kelas IV bermain puzzle berkelompok dengan estafet dan estafet bola. Kelas V lomba makan kerupuk yang digantung dengan tali, dikendalikan dengan tali yang diikatkan pada ibu jari kaki. Kelas VI putra gobag sodor, dan putri picek jengkol. Meskipun hanya berdurasi kurang lebih 1 jam, anak-anak merasakan kebahagiaan bisa mengingat dan memainkan berbagai permainan sesuai kelas masing, masing. “Kami sangat bahagia,” kata anak-anak.

Dalam lomba ini, sekolah memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berkembang dan tumbuh sesuai dengan masanya, sehingga 4 hak anak: hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi mendapatkan layanan yang baik disekolah. Kegiatan ini diakhiri dengan kado silang bersama.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook