Pelatihan Kewirausahaan Guna Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kulon Progo

Kamis, 1 Agustus 2019 10:54:41 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo melalui Seksi Kepemudaan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan pemuda selama 2 hari pada senin-selasa (29-30/7/2019) bertempat di Gedung Sadewa Dinas Dikpora Unit 1. Pelatihan diikuti oleh 50 peserta terdiri dari pemuda pemudi Kulon Progo usia 18-30 tahun. Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Rusdi Suwarno, S.IP, M.M. dengan memberi motivasi kepada peserta pelatihan dan diakhiri dengan kata semangat “Pemuda…Maju”.

Pelatihan pada hari pertama diawali oleh pemateri dari Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo Drs. Dewantoro, S.SP., M.M. dengan materi Potensi Industri Kreatif di Kulon Progo dan Pentingnya Kewirausahaan bagi Perekonomian Kulon Progo. Pelatihan dilanjutkan oleh pemateri dari Management Training & Consulting Bio Hadikesuma, dkk menyampaikan materi tentang Perencanaan Usaha Kreatif dengan pemanfaatan SDA dan Menganalisis peluang usaha sampai dengan penentuan produk, pengelolaan keuangan, serta pemasarannya.

Pada hari kedua, pelatihan dilanjutkan dengan presentasi dari peserta yang telah masuk nominasi dalam lomba plan bisnis. Pada jam 15.30, panitia mengumumkan pemenang lomba plan bisnis. Setelah pengumuman dilanjutkan dengan penandatanganan papan kesepakatan peserta untuk mencetak entrepreneur muda kreatif dan inovatif.

Pelatihan diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan jiwa kewirausahaan bagi para pemuda serta penyajian berbagai jenis industri kreatif yang dilanjutkan dengan pembuatan rencana usaha yang harapannya akan memberikan pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan bagi pemuda untuk merencanakan usaha kreatif. Pendirian berbagai usaha kreatif ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di Kabupaten Kulon Progo.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook