Pendidikan Karakter melalui Outbond Pramuka di SMP Negeri 1 Kokap

Minggu, 11 Agustus 2019 20:14:05 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

SMP Negeri 1 Kokap mengadakan latihan kepramukaan  dengan metode outbond sederhana  dengan menggunakan tali loding dan tali rafia yang dianyam. Outbound dianggap metode yang cocok untuk anak-anak kelas VII SMP, karena materi dipadukan dan dikemas dalam suatu permainan dan tidak memerlukan peralatan yang rumit serta tidak membutuhkan skill yang tinggi, sehingga semua siswa mau dan berani mencoba. Kegiatan ini di prakarsai oleh tim pembina pramuka SMP Negeri 1 Kokap yang berasal dari guru dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Kokap.

Beberapa hari sebelum kegiatan, para pembina menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan, sehingga para siswa diminta mempersiapkan diri dengan kondisi dan pakaian yang cocok. Sebelum kegiatan dimulai pembina menyampaikan hal-hal yang harus di lakukan para siswa maupun yang tidak boleh diakukan para siswa ketika sedang memlaksanakan outbond.

Kegiatan outbond pramuka ini dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan topografi yang ada. Outbond pramuka dilaksanakan pada saat jadwal latihan rutin Jumat, 9 Agustus 2019 dengan tujuan untuk melatih sifat keberanian, kreatifitas, ketangkasan dan percaya diri pada siswa melalui bentuk permainan.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook