Geliat Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

Selasa, 13 Agustus 2019 08:55:57 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Setelah mendapatkan suntikan motivasi dalam bentuk pendampingan dari LPMP Yogyakarta bersama Ibu Titik Haryani sebagai pengawas pembina, maka SMP Negeri 1 Kokap optimis  mampu melaksanakan gerakan literasi sekolah menjadi sebuah budaya. Untuk mengawali GLS pada Jum’at, 9 Agustus 2019 diadakam lomba setting ruang kelas menjadi kelas literasi. Para siswa dari kelas VII sampai Kelas VIII diminta untuk mengatur kelasnya sampai sedemikian rupa, sehingga ruang kelasnya bisa memotivasi seluruh penghuninya untuk melatih diri ber- GLS. Wali kelas sangat berperan dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini berlangsung dari 2 Agustus 2019 berupa penyampaian informasi sampai Jum’at, 9 Agustus 2019 dilaksanakan penilaian kelas. Selama satu minggu para siswa dan wali kelasnya berkreasi untuk menciptakan ruang kelas yang literat.

Lomba mengkondisikan ruang kelas yang literat ini bertujuan agar sekolah melatih diri untuk menciptakan sekolah yang literat, sehingga guru, TU dan siswa terlibat dalam kegiatan ini. Penilaian akan dilakukan setiap bulan sekali dan hasilnya akan diumumkan dalam upacara bendera senin pada minggu pertama tiap bulannya, dengan demikian berharap budaya literasi akan tercipta di SMP Negeri 1 Kokap.

Setelah ini, beberapa guru ditunjuk sebagai tim GLS SMP Negeri 1 Kokap sebagai motor-motor penggerak GLS. Dalam FGD dihasilkan RTL yang melatarbelakangi tim GLS bergerak untuk mengadakan kegiatan GLS. Untuk memberi semangat perdana, maka GLS dilombakan dengan unsur dan kriteria penilaian lomba didasarkan pada aturan yang berlaku saat ini.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook