Peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 di Dinas Dikpora

Kamis, 15 Agustus 2019 10:50:56 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

 

Rabu (14/8/2019) Seluruh warga Dinas Dikpora mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 bertempat di halaman Dinas Dikpora Unit 1. Bertindak sebagai pembina upacara, Sekretaris Dinas Eko Teguh Santosa, S.Pd. membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Dalam amanat tersebut disampaikan beberapa hal diantaranya “Merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini, Dampak globalisasi yang dapat mengancam keberlangsungan nasib petani, karena murah dan mudahnya bahan pangan dari negara lain masuk ke pasar Indonesia, Kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus yang akan datang, Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya, Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka, baik warna, desain, atribut, dan tata cara penggunaannya, menunjukkkan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan, Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang kini merupakan bagian dari program wajib belajar, belum sepenuhnya terakomodir dalam penjenjangan Gerakan Pramuka”.

Dalam akhir sambutannya disampaikan bahwa Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal, dan karenya kita semua bersatu didalamnya. Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka dan Dasadarma merupakan sepuluh kebijakan yang harus menjadi pedoman bagi pramuka dalam bertingkah laku keseharian, sehingga Trisatya dan Dasadarma tersebut anggota Siap Menjaga Keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupan sehari-hari.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook