Pendidikan Karakter melalui Latihan Berqurban

Kamis, 15 Agustus 2019 22:50:57 - Oleh : Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo
 

Merujuk pada program kerja Kesiswaan seksi ketaqwaan, maka Pembina OSIS SMP Negeri 1 Kokap mengadakan lomba masak dengan bahan utama daging sapi. Para siswa dibagi dalam beberapa kelompok dalam kelasnya untuk memasak daging sapi dan menyajikannya dalam sajian sederhana.

Kegiatan lomba masak ini dilakukan pada Selasa, 13 Agustus 2019 bertempat di SMP Negeri 1 Kokap dengan menggunakan daging hewan qurban sebagai bahan masakannya. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Idul Adha 1440 H, yang mana SMPN 1 Kokap menyelenggarakan latihan qurban pada para siswa muslim, guru dan karyawan dengan cara iuran untuk membeli hewan qurban. Daging qurban dibagikan kepada para siswa untuk dimasak disekolah, disajikan dan dinilaikan dalam acara lomba masak.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan adanya Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban serta hikmahnya dalam rangka meningkatkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa khususnya muslim. Kreatifitas dan kerjasama sangat diperlukan dalam masak dan penyajiannya, sehingga menghasilkan masakan dalam menu yang seimbang. Selain menu seimbang penilaian dilakukan terhadap penampilan, aroma, dan rasa masakan.

Pada kegiatan ini wali kelas bertanggung jawab atas keberhasilan dan ketertiban para siswanya dalam lomba masak. Beberapa guru dan karyawan bertugas untuk menilai hasil sajian tersebut berdasar kriteria yang sudah disepakati. Rasa percaya diri akan muncul ketika masakannya dinyatakan baik dalam penyajian, tampilan, aroma dan rasanya dan padanya akan diberi hadiah.

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook