Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo
Rubrik : Berita Terkini
Komunitas Operator Data Pendidikan Kulon Progo, Rayakan Ulang Tahun Yang Pertama di Puncak Suroloyo
2013-05-25 22:01:59 - by : dindikkp

Suasana kompleks wisata Puncak Suroloyo dan Curug Sidoharjo di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo hari ini didominasi oleh warna hitam-merah. Sekitar 262 orang yang merupakan para petugas pengelola data pendidikan se - Kulon Progo yang tergabung dalam "Laskar Dolanan Ongko Kulon Progo (LDO)" hari ini menggelar acara Silaturahmi Keluarga Besar Pengelola Data Pendidikan sekaligus untuk merayakan hari ulang tahunnya yang pertama.
Komunitas LDO adalah sebuah komunitas yang beranggotakan para pengelola data pendidikan (Operator Data) yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo dibawah koordinasi KK-DATADIK (Kelompok Kerja-Data Pendidikan) Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo.
Pada kesempatan acara tersebut, hadir dan memberikan sambutan dan memberi motivasi langsung kepada warga komunitas LDO adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Dra. Sri Mulatsih Damar Rahayu, M. Pd., dan Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Sarjana, SE. Sedangkan penyiapan akomodasi dibawah koordinasi Kepala UPTD PAUD dan Dikdas Kecamatan Samigaluh, Ngadiyo, S. Pd. beserta seluruh Kepala Sekolah se Kecamatan Samigaluh bekerja sama dengan Pengelola Obyek Wisata Puncak Suroloyo.
Dalam laporannya, Koordinator Tekhnis KK-Datadik Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Eko Suratman, S.IP. menyampaikan bahwa jumlah petugas pengelola data pendidikan (Operator Data) yang tersebar di seluruh satuan pendidikan mulai dari jenjang Dikdas, Dikmen dan SLB terdaftar sebagai anggota aktif di Group Jejaring Sosial FB sebanyak 469 orang. "Kami di Datadik memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh layanan jejaring sosial Facebook, dengan membuat group dengan nama Jaringan Data Dinas Pendidikan Kulon Progo. Group ini kami manfaatkan untuk menyebarluaskan berbagai informasi pendidikan kepada seluruh sekolah, juga sebagai media untuk memberikan asistensi tekhnis aplikasi-aplikasi pendataan. Jumlah anggota Group per 25 Mei 2013 telah mencapai 1.138 orang, terdiri dari para Guru, Kepala Sekolah, TU dan para operator data" Eko menambahkan.
Dalam acara ini, para operator data pendidikan menyampaikan barbagai permasalahan yang dihadapi selama menjalankan tugas selaku petugas pengelola data, sekaligus menyampaikan harapannya agar di waktu-waktu yang akan datang dukungan fasilitas dan kesejahteraan mendapatkan perhatian, baik dari pihak Dinas Pendidikan, Sekolah dan mohon untuk bisa mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Daerah melalui anggaran APBD.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, dalam kesempatan ini memberikan dorongan semangat kepada seluruh Operator Data Pendidikan, karena semua pihak menyadari bahwa untuk era sekarang ini, data merupakan sesuatu yang sangat vital dan menjadi alat utama dalam menyusun program, anggaran dan membuat kebijakan. "Data ibaratnya seperti nyawa bagi sekolah, sekolah tanpa data sama artinya tubuh tanpa nyawa, tidak akan mampu berbuat apa-apa dan tidak bisa dibuat apa-apa", Sarjana, SE Kabid Dikdas menyatakan dalam memberikan motivasi kepada para peserta.
Di bagian lain, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo mengakui bahwa perjuangan dan pengorbanan para operator data selama ini sangat luar biasa. Para oprator bekerja dan berusaha menyelesaikan pekerjaan tanpa kenal lelah dan tanpa kenal waktu, apa lagi saat ini sebagian besar aplikasi pendataan berbasis web (on line). "Saya tahu betul, Anda semua dalam menjalankan pekerjaan sampai "Linak - Lijo" - Lali Anak Lali Bodjo - semua itu dilakukan sebagai sebuah bentuk tanggung jawab yang besar dan bukti bahwa Anda adalah Insan-insan Pejuang Data yang luar biasa" Sri Multasih menyatakan. Pada kesempatan ini pula Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo juga memohon maaf, karena pos anggaran yang diperuntukkan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo dari APBD belum bisa menyentuh kepada upaya peningkatan kapasitas kepada para operator data, baik dalam bentuk fasilitas fisik sarana prasarana maupun bentuk pemberian yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan para operator data. Namun demikian pihak Dinas Pendidikan akan selalu dan terus melakukan koordinasi dan mengingatkan kepada pimpinan di satuan pendidikan untuk berupaya agar operator data di masing-masing sekolah terfasilitasi dan mendapatkan perhatian yang serius.
Seusai acara pertemuan dan menerima pembinaan dari pejabat Dinas Pendiidkan Kabupaten Kulon Progo, para operator data pendidikan "Laskar Dolanan Ongko Kulon Progo" melanjutkan acara dalam rangka ulang tahunnya yang pertama ini dengan menikmati suasana alam di titik puncak Suroloyo dan dilanjutkan ke obyek wisata alam Curug Sidoharjo, yang berjarak sekitar 2 kilometer dari kawasan Puncak Suroloyo. (EDO)

Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo : http://pendidikan.kulonprogokab.go.id
Versi Online : http://pendidikan.kulonprogokab.go.id/article/102/komunitas-operator-data-pendidikan-kulon-progo-rayakan-ulang-tahun-yang-pertama-di-puncak-suroloyo.html