Kelengkapan Data Siswa di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) Kunci Siswa Bisa Ikut SNMPTN 2013

Senin, 28 Januari 2013 19:53:53 - Oleh : datadik

HASIL LOMBA PAWAI & KARNAVAL 2014

Pawai HUT RI ke-69

Peringkat SD/MI Berdasar Nilai US/M Tingkat Kabupaten & Kecamatan Tahun 2014

Peringkat SMP/MTS Kulon Progo Berdasar Nilai UN 2013/2014

 

Seleksi masuk calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri di Indonesia tahun 2013 tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh oleh calon mahasiswa untuk bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Program Seleksi Mandiri dan Program Bidikmisi.
Program yang membuka kesempatan kepada seluruh siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK saat ini adalah Program SNMPTN. Keunggulan dari program ini, bahwa seleksi masuk menggunakan rekaman jejak prestasi akademik siswa ketika duduk di jenjang SLTA (SMA/MA/SMK/MAK), artinya seleksi masuk adalah menggunakan nilai yang pernah diperoleh oleh siswa yang terdokumen dalam buku raport.
SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
Tujuan SNMPTN adalah:
• memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
• mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.
Dari sistem ini pula sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah diberi kepercayaan merekomendasikan siswanya untuk mendaftar.
TATA CARA MENGIKUTI SNMPTN
Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013 berhak mengikuti SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) dan pendaftaran.


Pengisian PDSS
• Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
• Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
• Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
• Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Pendaftaran
• Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
• Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
• Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
• Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
• Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
JADWAL SNMPTN
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS 17 Desember 2012 - 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari - 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret - 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013


Khusus untuk kondisi di Kulon Progo dalam hal penyiapan database siswa kelas 12 SMA/MA dan SMK memang sampai dengan saat ini masih belum sesuai dengan jumlah siswa yang terdaftar sebagai calon peserta Ujian Nasional. Karena idealnya, bahwa seluruh siswa yang terdaftar di Daftar Calon Peserta Ujian Nasional datanya sudah harus masuk di database PDSS, sehingga ketika siswa akan mendaftarkan melalui program SNMPTN, siswa sudah bisa login ke laman pendaftaran, karena database nya sudah didaftarkan oleh sekolah, dan siswa sudah memiliki pasword untuk login ke aplikasi pendaftaran SNMPTN On Line.
Melihat kondisi tersebut, hari ini Tim Tekhnis PDSS - SNMPTN dari UNY melakukan sosialisasi ulang dan evaluasi tekhnis kepada sekolah-sekolah SMA/MA dan SMK se Kulon Progo yang bertempat di SMK Negeri 1 Pengasih. Hadir pada kesempatan ini Kepala Sekolah dan Operator data masing-masing sekolah SMA/MA dan SMK dan dari Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo.
Dalam sambutan pembukaan acara ini, Kepala Bidang Pendiddian Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Dra. Henry Tatik Widayati, menyampaikan himbauan kepada seluruh sekoleh untuk segera menyelesaikan proses input data siswa kelas 12 ke aplikasi PDSS, karena jika sampai dengan batas akhir penutupan, tanggal 8 Februari 2013, database siswa belum masuk, maka akan tertutup kesempatan siswa-siswa di Kulon Progo untuk mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN ini. "Apabila ada kendala teknis di aplikasi, silahkan hari ini dikonsultasikan langsung dengan Tim PDSS dari UNY. Sekolah harus memasukkan data seluruh siswa kelas 12, meskipun pada akhirnya siswa tersebut tidak menggunakan kesempatan untuk mendaftar SNMPTN, sekolah sudah membuka peluang dan kesempatan itu kepada siswa" Henry Tatik menambahkan.
Sementara Muh Slamet, sebagai koordinator Tim PDSS UNY yang hadir hari ini di Kulon Progo, menyampaikan bahwa sekitar bulan Desember 2012, Panitia SNMPTN telah mengundang semua kepala sekolah SMA/MA dan SMK di DIY untuk menerima sosialisasi tentang SNMPTN ini di Kampus UGM, tetapi setelah melihat progress report untuk pengisian data di PDSS, sekolah-sekolah di DIY sampai saat ini dari sekitar 400-an sekolah, baru masuk sekitar 190-an, maka Tim PDSS DIY melakukan kunjungan dan evaluasi ke lapangan. Ada tiga perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yang terlibat di kegiatan ini, UNY melakukan kegiatan untuk wilayah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman, UGM untuk wilayah Kotamadya Yogyakarta, dan UIN Yogyakarta untuk wilayah Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul. Muh Slamet juga menegaskan bahwa tidak ada penambahan waktu untuk memasukkan data siswa ke system PDSS on line ini, sehingga jika sekolah terlambat dan belum mengirimkan database siswanya sampai dengan tanggal 8 Februari 2013, maka siswa tidak bisa menggunakan kesempatan seleksi melalui SNMPTN ini.
Di aplikasi PDSS ini, memang cukup banyak data yang harus dientrykan sekolah, khusus untuk data nilai raport siswa, harus dientrykan dari semester 1 sampai dengan semester 5. "Untuk entry data satu siswa dibutuhkan waktu 30 - 60 menit" Muh Slamet menjelaskan. Sehingga perlu diterapkan strategi bagaimana agar proses entry data siswa ini bisa cepat diselesaikan.
Kepada masyarakat luas apabila ingin mengetahui lebih jauh tentang informasi penerimaan calon mahasiswa baru, bisa mendapatkannya di laman http://snmptn.ac.id. (EDO)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak