Pencapaian SPM SD/MI dan SMP/MTs Tahun 2016

Jum`at, 17 Maret 2017 11:42:51 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo

PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL UNTUK SD/MI DAN SMP/MTs

SE-KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2016

 

Selama kurun waktu 3 tahun Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan Program PKP-SPM Dikdas sebagai wujud upaya meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan pendidikan kepada masyarakat.  Program PKP-SPM bertujuan untuk meningkatkan kapasitas stake holder  Kabupaten (DPRD, Bappeda, SETDA, BKAD, Kantor Kementerian Agama, BKPP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan UPTD)  tentang kondisi dan capaian SPM Dikdas di Kabupaten Kulon Progo sehingga diharapkan dapat terwujud keberpihakan anggaran dalam pencapaian SPM Dikdas di Kabupaten Kulon Progo dan melahirkan regulasi yang menjamin   pencapaian SPM Dikdas. Tidak kalah penting tujuan dari program ini adalah meningkatkan kemampuan satuan pendidikan untuk pencapaian SPM, peningkatan kualitas/ profesionalisme  tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana satuan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2013 tentang perubahan atas Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal pendidikan dasar di Kabupaten/Kota.

Salah satu kegiatan dalam Program PKP-SPM di Tahun 2016 adalah pelaksanaan pendataan SPM Dikdas pada seluruh Satuan Pendidikan jenjang SD/MI negeri/swasta dan SMP/MTs negeri/swasta di Kabupaten Kulon Progo atau disebut sensus SPM Dikdas. Kegiatan sensus diawali dengan mekanisme Pelatihan Program PKP-SPM Dikdas bagi seluruh Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah (Operator sekolah) jenjang SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Kulon Progo. Selanjutnya Kepala Sekolah dibantu tenaga administrasi sekolah mengisi data SPM Dikdas melalui instrumen SPM Dikdas dan diserahkan kepada Pengawas masing-masing sekolah sebagai proses verifikasi. Setelah data SPM sekolah dianggap telah sesuai dengan kondisi faktual di sekolah yang bersangkutan, maka data dikirimkan kepada Operator Dinas & UPTD untuk kemudian dikompilasi, verifikasi tahap kedua, dan cleaning data lebih lanjut untuk memperoleh informasi/data yang akurat. Hasil analisa 27 Indikator SPM Dikdas kabupaten Kulon Progo diperoleh dari input data sensus yang diolah dengan aplikasi SPM (sIAPP). Rekap hasil capaian SPM Kabupaten Kulon Progo kemudian dituangkan ke dalam SK Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga, Nomor 033.1 Tahun 2017 (SK dapat diunduh disini).

Dari hasil pendataan tingkat capaian SPM SD/MI dan SMP/MTs sangat bervariasi. Jenis pelayanan minimal yang masih banyak belum terpenuhi untuk SD/MI adalah pada bagian kecukupan kursi siswa, kecukupan kursi guru, kecukupan meja guru, kunjungan pengawas, supervisi kepala sekolah/madrasah dan jumlah buku dengan rasio 1 : 1 dan peraga IPA yang lengkap. Untuk jenjang SMP/MTs, kecukupan buku teks siswa, kepemilikan Laboratorium IPA dengan meubelair cukup untuk 36 siswa dan peralatan praktek IPA masih sangat rendah. Diharapkan untuk 2 tahun mendatang 27 Indikator pencapaian SPM Dikdas Kabupaten Kulon Progo dapat mencapai target yang diwajibkan.

 

 Kembali |  Kirim |  Cetak

 Komentar Via Facebook