KARTINI DAN KARTONO DINAS DIKPORA KABUPATEN KULON PROGO

Jum`at, 21 April 2017 12:38:31 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

KARTINI DAN KARTONO DINAS DIKPORA KABUPATEN KULON PROGO

 

Dengan penuh hikmad, diiringi hujan ringan di luar Gedung Sadewa, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo pada hari ini Jumat tanggal 21 April 2017 mengadakan Upacara Peringatan Hari Kartini. Sedianya Upacara akan dilaksanakan di Lapangan Dinas Dikpora, namun karena cuaca tidak memungkinkan, maka Upacara dilaksanakan di dalam Gedung Sadewa. Hal ini sebagai bentuk konsistensi dalam membangun budaya pendidikan karakter secara menyeluruh baik di Dinas maupun di Satuan Pendidikan, maka peringatan dilaksanakan oleh seluruh warga di Dinas dan di Satuan Pendidikan.

Petugas Upacara hari ini seluruhnya berasal dari Ibu-ibu Pegawai Dinas, sehingga hal ini membuktikan kapasitas Ibu-ibu dalam segala hal, tidak hanya sebagai pendamping maupun pendukung saja. Upacara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, selanjutnya Pembacaan Sejarah/Riwayat Singkat Ibu Kartini, serta Amanat Penjabat Bupati Kulon Progo.

Pesan Penjabat Bupati Kulon Progo bahwa Peringatan Hari Kartini tentu dilakukan tidak hanya seremonial saja, akan tetapi dapat direfleksikan dalam kegiatan yang selaras dengan cita-cita perjuangan Ibu Kartini, yaitu mencerdaskan bangsa yang sejahtera sehingga berguna dalam membantu sesama. Diakhir pidato Penjabat Bupati, bahwa kesamaan derajat perempuan dan laki-laki, tentu jangan sampai keblabasan, sebab masing-masing secara kodrati mempunyai peranan yang berbeda. Istilah Istri sebagai kanca wingking seharusnya sudah ditinggal dan ditanggalkan, maka sehubungan hal tersebut, perlu kita renungkan bersama peran dan fungsi perempuan, antara lain:

 

  1. Perempuan sebagai istri pendamping suami
  2. Perempuan sebagai ibu pengelola rumah tangga
  3. Perempuan sebagai penerus keturunan dan pendidik bagi anak-anaknya
  4. Perempuan sebagai pencari nafkah tambahan
  5. Perempuan sebagai warga negara dan anggota masyarakat

 

Upacara hari ini dilanjutkan dengan aneka lomba, antara lain lomba memasak nasi goreng untuk Bapak-bapak dan merangkai sayuran untuk Ibu-ibu, yang diikuti oleh perwakilan Bidang/Sekretariat di Dinas, UPTD Kecamatan, Perwakilan Pengawas maupun Penilik.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook