Geliat Motivasi Menulis di Bukit Menoreh,...Geliatmu mana ???

Jum`at, 16 Juni 2017 04:25:34 - Oleh : Dinas DIKPORA Kabupaten Kulon Progo
 

 

GELIAT MOTIVASI MENULIS DI BUKIT MENOREH,..GELIATMU MANA???

Salah satu permasalahan guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah guru belum termotivasi untuk membuat publikasi ilmiah. Menurut Permeneg PAN & RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya mengamanatkan bahwa guru wajib melaksanakan PKB. Bentuk dan macam PKB bisa berupa (1) Pengembangan diri, yang meliputi diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru; (2) Publikasi ilmiah, yang meliputi presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian di bidang pendidikan, gagasan ilmiah, tinjauan ilmiah populer, pengembangan bahan ajar, penyusunan buku,  pedoman guru; (3) Karya inovatif, yang meliputi menemukan teknologi tepat guna, menciptakan karya seni, menciptakan/ memodifikasi alat peraga/ pelajaran, mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya.

Hasil publikasi ilmiah berupa publikasi hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh guru dapat dinilai dalam penetapan angka kredit bila memenuhi syarat penulisan seperti yang termuat dalam Buku 4 Pedomanan PKB. Salah satunya harus sudah diseminarkan  minimal dihadiri oleh 15 peserta dari 3 sekolah yang berbeda. Oleh karena itu pada tahun pelajaran 2016/2017 SMP Negeri 3 Samigaluh merintis kegiatan seminar hasil penelitian PTK dan PTS untuk memenuhi persyaratan penilaian publikasi ilmiah tersebut. Di samping itu, untuk memberikan motivasi, wawasan, pengetahuan dan gagasan kita, disampaikan melalui kegiatan seminar hasil penelitian baik dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) maupun Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para guru dan kepala sekolah baik SD, SMP, SMA, dan SMK di kecamatan Samigaluh. Hal ini terlihat dari jumlah guru yang hadir sesuai undangan 54 orang dan banyaknya tanggapan oleh peserta kepada panelis. Tanggapan tersebut bisa berupa pertanyaan, maupun masukan bagi perbaikan makalah yang disampaikan, sehingga pada dasarnya para guru sebenarnya mampu dan paham betul terhadap karya tulis ilmiah yang berupa PTK maupun PTS.

Dalam sambutannya Kepala UPTD PAUD dan DIKDAS Kecamatan Samigaluh Bapak Beja, S.Pd. menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya seminar hasil penelitian di SMP Negeri 3 Samigaluh, dengan harapan semoga dengan kegiatan seminar ini dapat menjadi inspirasi dan motivator bagi para guru di lingkungan kecamatan Samigaluh khususnya untuk segera mencoba melakukan penelitian seperti yang diamanatkan dalam Permeneg PAN & RB no. 16 tahun 2009. Dengan demikian diharapkan nantinya guru tidak mengalami kesulitan pengajuan DUPAK dan kenaikan pangkat.

Pada kegiatan seminar tersebut dilaksanakan secara panel, ada 3 orang guru atas nama Drs. Jamari dan Suryati, S.Pd. (guru SMP Negeri 3 Samigaluh, Nur Hadi Purwanto, S.Pd (SMP Negeri 4 Samigaluh) serta 2 kepala sekolah atas nama Sugeng Widadi, M.Pd.Si (SMP Negeri 3 Samigaluh) dan Sri Harini, S.Pd. (SMP Negeri 4 Samigaluh).

Dari seminar secara panel tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil peneliatian PTK secara umum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, baik dari kualitas proses maupun kualitas  hasil. Dari PTS yang dilkukan kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas manajemen dalam pengelolaan sekolah. Hikmah yang yang lain adalah memberikan informasi dan wawasan baik bagi guru maupun kepala sekolah dalam peningkatan kualitas layanan pendidikan di satuan pendidikan. Bahkan untuk 2 guru dari SMP Negeri 3 Samigaluh hasil publikasi ilmiah ini sudah dapat  dinilaikan dalam PAK untuk kenaikan pangkat per 1  April 2017.

Kami berkomitmen bahwa kegiatan seminar hasil penelitian ini menjadi agenda rutin tahunan di SMP Negeri 3 Sanigaluh dalam upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan yang merupakan salah satu kewajiban bagi guru. Inilah segelintir kecil guru di sisi utara perbukitan Menoreh yang sedang menggeliat untuk berusaha belajar “Menulis” dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran, pertanyaan kami selanjutnya adalah...”Mana Geliatmu?”. Semoga bermanfaat.

 

dpk

« Kembali | Kirim | Versi cetak

 Komentar Via Facebook